Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Momentum Kuningan Maju Nyungsi Sajati di Hari Jadi ke-524

For mania mega:


 KUNINGANPada Hari ini Kamis, tanggal 1 September 2022, Kuningan yang kita cintai telah mencapai usia ke-524.  Dengan usia yang lebih dari 5 abad ini tentunya Kuningan telah mengalami pasang surut perubahan di segala bidang kehidupan masyarakat. Sehingga telah membentuk watak dan karakter masyarakatnya dengan semangat nilai-nilai luhur budaya dan kearifan lokal.

Hal tersbut disampaikan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH pada Pada acara Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka Memperingati Hari Jadi Ke-524 Kuningan, di Gedung DPRD Kabupaten Kuningan, Kamis (1/9/2022).

Bupati Acep mengatakan, Alhamdulilah dengan kondusifitas dan dinamika di masyarakat dari hari ke hari, tahun ke tahun, periode ke periode, situasi dan kondisi kuningan dengan segala aktifitasnya berjalan wajar dengan nilai-nilai luhur budaya dan kearifan lokal yang terus tumbuh berkembang.  salah satunya tercermin dari semangat kerja keras masyarakat Kabupaten Kuninganserta motivasi yang tinggi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitasnya, kemarin, saat ini dan dimasa yang akan datang.

Dengan tema Hari Jadi ke-524 Kuningan yaitu “Kuningan Maju Nyungsi Sajati”, menjadi harapan kita semua bahwa kesehatan, keselamatan, kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat kuningan selalu dilimpahkan oleh Allah Swt.  dan semua itu juga tidak terlepas dari upaya kita untuk mewujudkannya melalui kegiatan pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Hari jadi ini merupakan momentum yang sangat penting untuk terus berintrospeksi, berinovasi serta mengevaluasi dalam berbagai hal baik yang menyangkut penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan maupun pembinaan  kemasyarakatan.

Bupati Acep menyampaikan, bahwa pada tahun 2022, penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah telah memasuki tahun ke-4kepemimpinan kami selaku bupati/wakil bupati periode 2018-2023, dengan tahapan pembangunan sebagaimana Diamanatkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kuningan 2018-2023 yaitu Pemantapan Daya Saing Daerah Berbasis Desa diantaranya melalui percepatan rehabilitasi dan aksesibilitas pendidkan; percepatan sektor pertanian dan pariwisata; peningkatan produktifitas umkm dan lapangan kerja; peningkatan layanan kesehatan terutama bagi ibu, anak, lansia dan penyandang disabilitas.

Untuk Peningkatan Ekonomi, Investasi Dan Pengembangan Wilayah, pemerintah kabupaten kuningan terus mendorong upaya peningkatan infrastruktur strategis seperti pembangunan jalan lingkar timur – selatan untuk membuka sumbatan keterisolasian wilayah dan diharapkan dapat membuka dan meningkatkan peluang usaha bagi masyarakat.  Peningkatan infrastruktur juga ditujukan untuk peningkatan akses pada area-area produktif seperti sentra pertanian dan pariwisata.  

Pengembangan ekonomi regional, pembangunan di wilayah perbatasan juga terus kami tingkatkan melalui peningkatan layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, peningkatan kualitas pemukiman, lingkungan dan peningkatan ketahanan pangan.  Hal ini sejalan dengan semangat peraturan presiden nomor 87 tahun 2021 tentang percepatan pembangunan kawasan metropolitan rebana dan Kabupaten Kuningan masuk didalamnya.  kita harus dapat mempersiapkan diri menjadi bagian penting dalam pembangunan tersebut.

Menurutnya, berkat kebijakan bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD serta dukungan masyarakatalhamdulilah program-program yang kita laksanakan telah memberikan dampak positif dengan beberapa keberhasilan yang kita capai diantaranya adanya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencapai 69,71 point, naik sebesar 0,33 point dibandingkan dengan tahun 2020.  hal ini menunjukkan bahwa indikator kesehatan, pendidikan dan ekonomi sudah mulai pulih semenjak badai pandemi covid-19 yang selama 2 tahun telah menyita energi dan sumberdaya kita semua.

Secara umum, ia menerangkan, capaian pembangunan yang tergambar dalam indikator makro dapat saya sampaikan secara singkat sebagai berikut: umur harapan hidup warga kabupaten kuningan ada pada angka 73,78 tahun, rata-rata lama sekolah 7,8 tahun atau setara dengan kelas 1 smp, indeks kesehatan 82,74, indeks pendidikan 59,97,  dan laju pertumbuhan ekonomi 3,56%.

Selain pekerjaan rumah tentang bagaimana meningkatkan rata-rata lama sekolah, kita juga dihadapkan pada persoalan kemiskinan dan pengangguran. dalam kurun waktu 3 tahun terakhir upaya pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran terus kita upayakan dengan berbagai sumberdaya dan menjalin kemitraan serta kerjasama dengan semua pihak.  penanganantersebut sudah membuahkan hasil dengan adanya trend penurunan pada angka kemiskinan dan pengangguran.

“Kedepan, kita akan dihadapkan pada kondisi bonus demografi, hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi kita bagaimana menciptakan lapangan kerja, meningkatkan investasi agar tenaga kerja yang ada di kabupaten kuningan dapat terwadahi sesuai kompetensi yang dimiliki,” ungkapnya.

Dalam kondisi keterbatasan anggaran, Bupati Acep menerangkan, kita tetap mampu berprestasi.  inimerupakan kebanggaan untuk Kabupaten Kuningan.   beberapa raihan penghargaan kita mampu pertahankan seperti “Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-8 kalinya, sebuah penghargaan untuk pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan dan belanja daerah dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI).  

Penghargaan Kabupaten Layak Anak” untuk yang ke-6 kalinya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Ri Mengindikasikan Kabupaten kita adalah tempat yang ramah, tempat yang layak bagi tumbuh kembangnya generasi muda untuk menjadi generasi yang sehat, cerdas, produktif dan berahlaqul karimah.  penghargaan serupa dalam perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan juga telah diraih oleh Kabupaten Kuningan.  Penghargaan untuk KampunKB sebagai Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat dan Penghargaan Untuk Capaian Akseptor KB Ke-3 Tingkat Nasional.

Untuk Pengelolaan Dana DesaKabupaten Kuningan memperoleh penghargaan Kinerja Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat dari Kementerian Keuangan.  Dalam Sektor Pertanian, kita telah membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kuningan telah hadir ditengah-tengah masyarakat melalui program pemberdayaan dan peningkatan ketahanan keluarga dengan Raihan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat.  Ini perlu terus kita tingkatkan, Perangkat Daerah Dapat Terus Bersinergi Dengan Mitra Pembangunan yang ada di Kabupaten Kuningan.

Sementara dalam Implementasi Manajemen ASNKabupaten Kuningan memperoleh Peringkat ke-1 Tingkat Provinsi Jawa Barat.  ini menunjukkan bahwa tata kelola ASN di kita sudah baik dan tentu hal ini harus dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Di sektor kesehatan, kita telah dinyatakan mampu dalam pencegahan dan pengendalian penyakit menular, penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan.  Hal ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan pola hidup bersih dan sehat telah menjadi bagian dari budaya kita.  

Bupati Acep juga menyebutkan, ada beeberapa penghargaan lain yang terus kita raih seperti dalam bidang olahraga Raihan 3 Medali Emas dan 1 Perak untuk cabang olahraga catur di asean para games atas nama Tita Puspita asal Desa Nusaherang.  Raihan 2 medali perak dan 1 perunggu untuk cabang olahraga atletik atas nama Insan Nurhaida asal Kelurahan Ciporang.  Kita patut berbangga atas capaian putra-putri kita.

“Tentunya keberhasilan ini merupakan keberhasilan kita semua masyarakat kabupaten kuningan baik yang ada di Kningan maupun diluar Kuningan. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas peran serta dan dukungannya, ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati melalui rapat paripurna istimewamengajakkepada semua komponen masyarakat untuktetap memelihara persatuan dan kesatuan serta membangun kebersamaan dan gotong royong yang merupakan modal sosial dan ciri khas masyarakat kuningan.  mari membulatkan tekad dan semangat yang kuat, bahu membahu bersama membangun demi pencapaian Visi Kuningan yaitu Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023.

Bupati menghaturkan terima kasih  kepada para pendiri bangsa, sesepuh, tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh pemerintahan kuningan yang telah mencurahkan tenaga, pikiran, semangat dan tekad yang tidak pernah padam untuk menjaga dan membangun kabupaten kuningan yang kita banggakan.

“Selamat Dirgahayu Kabupaten Kuningan ke-524Mari Kita Teguhkan Semangat Untuk Kerja Keras, Kerja Ikhlas Dan Kerja Cerdas.  ayo bekerja bersama-sama demi kemajuan Kabupaten Kuningan dimasa yang akan datang,” pungkasnya.

(www.kuningankab.go.id)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close