Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

TP PKK Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Sumber Pangan Keluarga

For mania mega:


 KUNINGAN-Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kuningan  mengelar sosialisasi pemberdayaan masyarakat dengan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga, di Desa Cibeureum Kecamatan Cilimus, Rabu (10/8/2022). Sosialisasi ini dibuka oleh Ketua TP PKK Kuningan Hj. Ika Purnama.

Hj. Ika Purnama mengatakan,  bahwa pangan adalah kebutuhan utama kita dalam kehidupan. Kebutuhan akan pangan memerlukan lahan cukup agar dapat tumbuh dan dapat dipanen. Oleh sebab itu, pemanfaatan lahan pekarangan akan memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga seperti sumber pangan dan juga sebagai sumber pendapatan.

Dikatakan Ika , pekarangan rumah berapa pun luasannya dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga akan meningkatkan produktivitasnya. Pekarangan yang ditanami dengan sayuran memberikan kontribusi yang cukup besar dalam usaha mencukupi kebutuhan gizi keluarga.

“Dalam pemanfaatan pekarangan dengan sayuran harus diperhatikan juga aspek budidaya dari sayuran yang ditanam. Ketahanan pangan bukan hanya tentang kecukupan pangan, tetapi juga tentang kemampuan untuk menggunakan sumber daya lokal untuk memproduksi pangan sendiri”, ucap Ika.

Ika menambahkan, bahwa pemanfaatan halaman sekitar rumah bisa dengan tanaman obat keluarga atau yang dikenal dengan toga, yang berfungsi selain untuk pemenuhan kebutuhan keluarga juga untuk keindahan serta kenyamanan rumah. bahkan jika memungkingkan bisa untuk perikanan dan peternakan.

Budaya menanam merupakan budaya yang positif, ia menjelaskan  karena dengan menanam akan mendekatkan kita pada alam. Hal Ini akan meningkatkan energi pikiran dan perasaan positif pada diri kita, sehingga kita akan memulai hari dengan semangat dan bahagia.

Lahan  pekarangan yang kita manfaatkan bisa menjadi sumber pendapatan juga, seperti informasi yang didapat bahwa Kelompok Wanita Tani (KWT)  yang ada di Kecamatan Cilimus Khususnya di Desa Cibeureum dapat bekerjasama  dengan perusahaan atau PT. Antaka Dewa  dari pemanfaatan Lahan Pekarangan sudah mendapatkan  dua  Kwintal Kembang Kol. Semoga hal ini bisa bekerjasama juga dengan KWT yang ada di desa lainnya.

Bahkan pemanfaatan lahan pekarangan ini, bisa  mengurangi persoalan, seperti   Stunting,  jika digarap secara serius dan massif oleh  warga, maka persoalan kurang gizi, Kalori,  Protein dapat diatasi sejak dini mulai dari tingkat keluarga.  Karena Itu, Ayo Para Ibu, Semangat Berkarya, Mulai dari uumah kita.


(www.kuningankab.go.id)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close