Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Sekda Kuningan Buka Konser Musik dan Pameran UMKM di RRI Cirebon

For mania mega:


 KUNINGAN-Meriahkan Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, LPP Radio Republik Indonesia (RRI) Cirebon menggelar Konser Musik Kemerdekaan dan Pameran UMKM 2022, dengan tema ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’ , di halaman parkir RRI Cirebon. Jumat (19/8/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekda Kuningan, Ia menyampaikan sambutan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH, yakni mengucapkan terimakasih dengan setinggi – tingginya atas kerjasama dengan kabupaten kuningan agar berlangsung dengan baik.

“Saat Indonesia mendapatkan apresiasi sebagai salah satu negara yang berhasil mengatasi pandemic dan memulihkan ekonominya dengan cepat, diantaranya adalah ekonomi tumbuh 5,01 % triwulan I dan 5,44% triwulan II 2022, sektor-sektor strategis dan manufaktur tumbuh ekspansif, neraca perdagangan surplus 27 bulan berturut-turut, sektor transportasi dan akomodasi mulai pulih,” papar Dian.

Dikatakannya di daerah sangat berharap dengan adanya momentum ini, sesuai dengan tema dalam HUT RI tahun 2022 yang ke-77 yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, Bangsa Indonesia benar-benar bangkit dari keterpurukan ekonomi.

“Pemerintah Daerah juga dituntut harus terus berupaya untuk mendorong peningkatan kapasitas pelaku umkm. Pandemi yang terjadi memberikan gambaran nyata terdapat sektor yang memiliki daya tahan yang sangat baik, namun di sisi lain perlu penguatan dalam beberapa sektor ekonomi lainnya,” tambahnya.

Sekda menambahkan salah satu upaya untuk mewujudkan UMKM naik kelas adalah dengan kegiatan kolaborasi pemerintah daerah bersama LPP RRI Cirebon, dapat memperkuat awareness dan kolaborasi stakeholder terkait utamanya guna meningkatkan daya saing umkm.

“Bapak Presiden Joko Widodo, menegaskan kembali pada pidatonya dalam sidang tahunan 16 agustus 2022 lalu bahwa “umkm naik kelas” adalah salah satu dari 5 agenda besar yang tidak boleh berhenti. Beliau mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu, mendukung agenda besar bagi pencapain indonesia maju dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas,” tutup Sekda Dian.

Di tempat yang sama Legislator Demokrat, Herman Khaeron mengapresiasi hingga saat ini bisa RRI bisa menunjukan eksistensinya, dan mengikuti perkembangan zaman.

“Saya menyambut baik terhadap ide dan yang digagas RRI. Karena sejarah panjang RRI sejak 11 september 1945 , tidak bisa dipisahkan dari perjuangannya dan sejarah kemerdekaan RI,” ujar Herman

Menurutnya dengan merawat RRI sama dengan merawat kemerdekaan Negara Republik. “Semoga RRI bisa bermanfaat untuk rakyat. Sebagai media milik negara tentu juga bisa menjaga suara untuk rakyat dan kepentingan bangsa,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia cabang Cirebon, Hestu Wibowo menuturkan kegiatan tersebut adalah gabungan dari konser musik kemerdekaan dalam rangka peringatan hari Proklamasi RI, Pekan Qris Nasional yang merupakan kolaborasi antara RRI dengan BI, juga festival jajanan UMKM.

“Salah satu peran penting dari UMKM adalah sebagai pelaku ekonomi agar mendorong percepatan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan Herman, banyak sekali sektor ekonomi yang terdampak, pada saat menghadapi pandemi Covid-19, namun dibalik itu, membawa juga hikmah dan manfaat dalam pola hidup masyarakat yang biasanya bertransaksi secara langsung, maka berkembang ke sistem pembayaran secara online.

“Dan ternyata selama itu ekonomi semakin meningkat dengan perkembang teknologi digital dan e-commerce,” kata dia.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPR RI dapil Jawa Barat VIII, Herman Khaeron, Kepala Daerah se-Ciayumajakuning, Kepala BI cabang Cirebon, Hestu Wibowo, Dewan Pengawas LPP RRI Cirebon, Anwar Mujahid, Kepala Stasiun LPP RRI Cirebon, Raden Muhammad Yusri Darto, Kadiskopdagperin Kuningan, Uu Kusmana, dan Kepala Bappenda Kuningan Guruh Zulkarnaen.

(www.kuningankab.go.id)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close