Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Saresehan Dengan Mahasiswa KKN UNIKU, Wabup : Mahasiswa KKN Harus Bisa Berdayakan Masyarakat

For mania mega:


HANTARA- Mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  diminta telah membekali diri dengan kemampuan untuk pemberdayaan masyarakat, sehingga selama melaksanakan KKN,  mahasiswa dapat memberi manfaat yang nyata dan dirasakan langsung masyarakat.

Hal itu, disampaikan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat menghadiri Saresehan/silaturahmi dengan mahasiswa Universitas Kuningan (UNIKU) kelompok 45, yang sedang melaksanakan KKN di Desa Cikondang, Kecamatan Hantara, Rabu (20/7/2022) pagi.

Wabup mendorong, mahasiswa KKN untuk mampu memberi kontribusi positif bagi masyarakat, baik dalam hal peningkatan kualitas kesejahteraan maupun tingkat pendidikan masyarakat. “Teman-teman mahasiswa, harus mampu menanamkan mental wirausaha di kalangan masyarakat, khususnya yang sedang bertani, berternak, dan berdagang. Agar mereka (red_masyarakat) bisa memahami cara berwirausaha yang baik dan benar,” ucap Wabup.

Dikemukakan Wabup, mahasiswa KKN adalah agen perubahan. Agen perubahan pada pembangunan ekonomi dan pendidikan di Indonesia. Untuk itu, sambungnya, mahasiswa harus mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui implementasi ilmu pengetahuan yang dimiliki.

“Dengan adanya mahasiswa KKN, bisa menjadi momentum untuk sama-sama saling membantu. Mahasiswa KKN berkontribusi dengan tugasnya di desa dan masyarakat desa bisa belajar bagaimana berwirausaha dengan benar. Karena point utama dari pelaksanaan KKN, adalah bagaimana memaksimalkan potensi yang ada di desa lokasi KKN nya,” tutur Wabup.

Selanjutnya Wabup berpesan, agar setiap mahasiswa yang melaksanakan KKN untuk sungguh-sungguh dalam melaksanakan setiap kegiatan yang telah diprogramkan, sekaligus membangun hubungan yang baik dengan pihak pemerintahan desa dan masyarakat setempat.

“Bangun komunikasikan yang baik dengan aparat pemerintahan desa dan masyarakat, agar seluruh program kegiatan dapat berjalan sesuai dengan target yang akan dicapai, sehingga pelaksanaan KKN ini sukses dan hasilnya pun benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkas Wabup.

Sementara, Kepala Desa Cikondang Lia Nuryanah, pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati Kuningan pada acara Saresehan Mahaswa KKN UNIKU. Menurutnya, kehadiran Wakil Bupati merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap dunia pendidikan, sekaligus sebagai motivasi bagi para mahasiswa dalam menjalankan tugas KKN nya.

“Terima kasih Pak Wabup  bisa berkenan hadir dan bersilaturahmi. Dengan hadirnya Bapak, menjadikan semangat bagi adik-adik mahasiswa dan kami pihak pemerintahan serta masyarakat desa. Juga terima kasih telah berkenan berbagi ilmunya tentang kewirausahaan kepada masyarakat,” singkat Lia.

Hadir pada acara tersebut, DPL UNIKU Munir Nur Komarun, S.Pd., M.M, Dika Anugerah, SH., MH sebagai pemateri, pimpinan lembaga desa, tokoh masyarakat, karang taruna, serta masyarakat setempat. 


(www.kuningankab.go.id)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close