Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Resmikan TK Kasih Bunda, Bupati Acep Menyambut Baik Sebagai Wadah Para Generasi Penerus.

For mania mega:


 KUNINGAN,- “ Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kuningan, saya menyambut baik berdirinya Taman Kanak-Kanak Kasih Bunda sebagai wadah para generasi penerus yang akan mengantarkan Kabupaten Kuningan menjadi lebih baik dan dapat menghasilkan anak-anak dengan kualitas karakter yang baik. Kami juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten kuningan, seluruh pengurus tk kasih bunda, yang secara bersama meningkatkan dunia pendidikan di kabupaten kuningan” ucap Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH.,MH saat meresmikan Gedung Tk Kasih Bunda yang bertempat di Jalan Cut Nyak Dien Kelurahan Winduhaji Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan, Senin (18/7/2022).

Bupati Acep berharap semoga bangunan gedung tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendidik dan memberikan nilai-nilai luhur, budi pekerti yang baik sehingga anak-anak dapat tumbuh berkembang menjadi anak yang soleh dan solehah serta taat kepada guru dan menaruh hormat kepada orang tua sehingga nanti dari lembaga pendidikan ini akan lahir generasi yang mampu membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat kabupaten kuningan.

Sementara itu dikatakan Bupati Acep, pendidikan anak usia dini adalah pondasi pendidikan karakter. jika pondasi kokoh, maka seluruh unsur dan struktur bangunan di atasnya memiliki pijakan yang kuat. sebaliknya, jika pondasinya rapuh, maka betapapun bagusnya pendidikan setelah periode usia dini, bangunan pendidikan karakter itu mudah runtuh. paud sebagai mitra utama keluarga dalam pendidikan anak usia dini merupakan wadah orang tua, pendidik dan pengelola dalam mendidik permata-permata bangsa, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 

Lanjut Bupati Acep, namun perlu diingat juga, bahwa minat anak pada sesuatu itu tidak berlangsung lama, karena itu guru dan orang tua harus pandai menciptakan kegiatan yang bervariasi dan tidak menerapkan disiplin kaku dengan rutinitas yang membosankan. anak pada masa ini juga akan berkembang kecerdasannya dengan cepat kalau diberi penghargaan dan pujian secara wajar yang disertai kasih sayang, dengan tetap memberikan pengertian pada saat melakukan kesalahan atau kegagalan. 

“ sebagaimana perumpamaan bahwa otak manusia pada usia dini ibarat kapas yang mudah menyerap air, tidak peduli air itu kotor atau bersih. oleh karena itu, di masa ini adalah waktu yang tepat bagi tenaga pendidik untuk mengenalkan dan menanamkan sikap-sikap positif yang bisa berguna di kehidupannya kelak. saatnya memberikan corak dan warna pada sehelai kain yang putih” tuturnya.

Pengembangan paud menjadi bagian yang tak terpisahkan dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di daerah. pembangunan paud secara merata hingga ke pelosok desa penting dilakukan. Sehingga setiap anak usia dini bisa mengenyam pendidikan di kelompok bermain dan tk untuk bersosialisasi. mari berkontribusi bersama-sama mewujudkan Kabupaten Kuningan menuju Kabupaten Pendidikan Tahun 2025, tambah Bupati Acep.

Dalam kesempatan yang sama Bunda PAUD Kuningan Ika Siti Rahmatika menerangkan pendirian TK ini bertujuan membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar di sekolah dan mempunyai tujuan utama yaitu  untuk membentuk anak yang berkualitas, anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.

“ Pendirian Tk Kasih Bunda adalah untuk membantu masyarakat sekitar agar dapat memasukkan anak-anaknya ke sekolah pra sd tidak jauh dari tempat tinggalnya dan untuk memberikan pelayanan pendidikan anak usia dini untuk semua kalangan masyarakat oleh karena itu untuk Tk Kasih Bunda kami memberikan pelayanan gratis berupa uang pendaftaran, uang gedung dan SPP (Biaya Bulanan).” Terang Ika.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Bupati Acep Purnama, Bunda PAUD Kuningan Ika Siti Rahmatika, beserta tamu undangan yang hadir.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kuningan, Uca Somantri, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan DIKMAS, Danu Nugraha, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Yoana Wulansarie serta tamu lainnya.

(www.kuningankab.go.id)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close