Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Peringatan Hari Anak Nasional 2022, Bupati Launching Buku Edukasi Anak “ Windu Suka Makan Sayur” Karya Hj. Ika Siti Rahmatika

For mania mega:


 KUNINGAN,-  Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH MH Resmi Launching Buku Edukasi Anak “ Windu Suka Makan Sayur” Karya Hj. Ika Siti Rahmatika (Bunda Paud Kabupaten Kuningan) dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional 2022 yang bertempat di Aula Pendopo Setda Kabupaten Kuningan, Sabtu (23/7/2022).

Bupati Kuningan Acep Purnama dalam sambutannya mengatakan “ saya sangat surprise sekali istri saya membuat Buku Edukasi anak ini, saya baru tau hari ini” ucapnya. Bupati sangat mengapresiasi dengan hadir dan bertambah nya Buku Edukasi Anak “ Windu Suka Makan Sayur” mudah mudahan bisa menjadi buku seri, dimana cerita buku tersebut bisa bertambah dari karakter Windu tersebut bisa mengenal Flora dan Fauna dan sebagainya.

Bupati Acep mengajak masyarakat untuk membudayakan membaca dari lingkungan terkecil di rumah masing-masing, di sekolah, perkantoran, dan di berbagai kesempatan. Saat ini informasi tidak saja dicari di buku namun juga bisa dicari melalui e-book dan perpustakaan digital.

“ Minat membaca dari anak sekolah perlu ditingkatkan. Karena dengan membaca bagi setiap anak bisa menggali ilmu dan meningkatkan kemampuan literasinya. Dengan meningkatnya minat membaca dari setiap anak akan memberikan pemahaman yang baik dari pentingnya membaca” ungkap Acep.

Lanjut Bupati Acep berpesan, kepada seluruh anak anaku untuk menjadi generasi yang beradab dan menjunjung tinggi tata krama. Bagi seluruh anak-anaku dimanapun berada, rajinlah beribadah, hormati dan sayangi orangtua kita dan sesama teman.

Ia juga berpesan agar anak-anak sebagai penerus bangsa Indonesia harus memiliki kualitas pendidikan dan kesehatan yang baik, juga memiliki rasa cinta Tanah Air. “Tuntutlah ilmu setinggi mungkin, berperilaku sehat, dan cintailah Tanah Air kita, Indonesia” kata Acep.

Sementara itu Bupati juga kepada para keluarga, meminta agar dapat menjaga anak-anak dengan sebaik mungkin. Karena menurutnya, menjaga seorang anak sama dengan melindungi depan bangsa. Ia berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama para keluarga, agar selalu melindungi anak-anak kita.

Hj. Ika Siti Rahmatika (Bunda Paud Kabupaten Kuningan) menerangkan Konsumsi buah dan sayur yang rendah masih merupakan masalah perilaku makan anak yang paling sering ditemukan. Salah satu faktor dominan dalam meningkatkan konsumsi buah dan sayur anak adalah adanya paparan buah dan sayur yang berulang. Dibutuhkan dukungan dan motivasi orang tua dan guru yang sangat kuat agar peningkatan asupan buah dan sayur anak dapat bertahan hingga dewasa. 

“ Edukasi gizi menggunakan media buku cerita bergambar merupakan salah satu bentuk Entertainment Education (EE) yang dapat digunakan sebagai salah satu cara peningkatan asupan buah dan sayur anak sekaligus memungkinkan interaksi langsung anak dan orang tua” jelas Hj. Ika. 

Lanjut Hj. Ika, Kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional Kali ini merupakan kerjasama dan kolaborasi yang harmonis antara DPPKBP3A dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dekranasda Kabupaten Kuningan. Melalui  peringatan  HAN  diharapkan  pemerintah  dengan seluruh lapisan masyarakat dapat   bersama-sama   berpartisipasi   secara   aktif   untuk   meningkatkan  kepedulian dalam  menghormati,  menghargai,  dan  menjamin  hak-hak  anak  tanpa  diskriminasi, dan   memastikan   segala   hal   yang   terbaik   untuk   anak   dalam   pertumbuhan   dan pekembangannya sehingga   menjadi  generasi penerus yang berkualitas tinggi.

Hj. Ika selaku Ketua Panitia Hari Anak Nasional Kabupaten Kuningan juga melaporkan kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 yang di gelar di Pendopo Setda Kuningan ini diisi dengan berbagai kegiatan di antaranya : Launching Buku Bunda PAUD “ WINDU SUKA MAKAN SAYUR” kemudian diisi dengan Lomba lomba seperti  Lomba Menghias Cetok untuk anak PAUD bersamaan dengan parenting untuk orang tua PAUD, Lomba Finishing Kerajinan Anyaman untuk anak SMP dan SMA. Kemudian ada OPAKU (Opini Anak Kuningan) ; menuliskan opini, harapan, masukan, saran dan keinginan anak untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kuningan di atas bentangan spanduk dan terakhir Mendongeng  bersama KAMPUNG DONGENG dan FORAKU.

(www.kuningankab.go.id)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close