Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Syekh Mansyur di Area Agrowisata

For mania mega:


 KUNINGAN,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH MH bersama Komandan Korem 063/SGJ, Kolonel Infanteri Dany Rakca Andalasawan, Komandan Kodim 0615/Kuningan Letkol CZI David Nainggolan Letakan Batu Pertama tandai Pembangunan Masjid Syekh Mansyur di area lokasi Agrowisata yang dibuka akses jalan nya oleh Dandim David di Desa Sindangjawa, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, Rabu (27/7/2022). 

Hadir pada acara ,  Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy, Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda, Kalak BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu Permana, beserta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Kuningan mengatakan terkait dengan rencana kegiatan hari ini saya haturkan terima kasih dimana kegiatan ini disamping kita menyaksikan terbukanya lahan yang tadinya biasa- biasa sekarang jadi luar biasa, yang dulunya sulit terjangkau atau dijangkau sekarang alhamdulillah sekarang bisa melihat kendaraan sedan pun bisa masuk, luar biasa sekali dan ini tidak terlepas daripada rencana kegiatan yang dilaksanakan oleh kodim 0615 Kuningan dibawah kepemimpinan Dandim 0615 david nainggolan. 

“ Terkait dengan rencana pembukaan lahan ini tentu saja saya menyambut baik dan merestui sekali dan saya juga mohon kepada para kepala desa juga agar mendukung penuh, dengan pertama kalo ada tanah yang terpakai khususnya untuk jalan, tolong untuk dihibahkan untuk jalan insyaallah jalan ini akan dipakai oleh banyak orang tentu saja manfaatnya juga akan terasa sehingga jalan ini juga akan membawa siapapun pemiliknya, siapapun yang memiliki kebijakannya untuk menuju jalan ke surga” Ucap Bupati Acep.

Selanjutnya dikatakan Bupati Acep, alhamdulillah dengan berbagai fasilitas yang kita rencanakan mudah – mudahan. Saya sebagai Kepala Daerah meminta restu dan dukungan semuanya. Untuk bisa mengembangkan daerah ini agar bisa dikembangkan lagi,  mudah – mudahan dari beberapa kebijakan bisa kita arahkan ke daerah ini, sehingga yang tadinya tidak bermanfaat akan memiliki nilai yang sangat manfaat dalam langkah kemajuan demi kemajuan. 

“ Dan yang lebih menggembirakan lagi hari ini kita akan memulai pembangunan sarana dan prasarana peribadatan, khususnya kita akan memulai pembangunan masjid dan akan diberi nama Masjid syekh Mansyur” tutur Acep.

Untuk itu mendukung sekali kita akan memulai pembangunan masjid disini. Selanjutnya sarana dan prasarana ketersediaan air sedang kami pikirkan bersama, kita sedang mencari sumber air untuk disini untuk supaya bisa menjadi fasilitas dalam langkah kelengkapan fasilitas di tempat ini dan fasilitas-fasilitas seperti PLN dan lainnya, kedepan kita juga akan membangun Tugu Kodim 0615 Sajati, ini sebagai tanda Perpaduan antara kerja keras kita, kerja keras bersama Kodim 0615 Kuningan dengan Icon Kabupaten Kuningan sajati, tambah Bupati Acep.

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama beserta jajaran Forkopimda saat meninjau lokasi tersebut, sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Dandim Letkol Czi David Nainggolan. “Ini sangat luar biasa,  Dandim membuka lokasi seperti ini. Saya tidak bisa berkata-kata, salut buat Dandim. Apalagi beliau ini orang zeni,” ungkap Bupati. 

Dia meyakini, dengan adanya akses jalan penghubung 4 desa ini, pasti akan menumbuhkembangkan sektor-sektor ekonomi lainnya. Masyarakat pasti bersemangat menggarap lahan yang sebelumnya terhambat karena akses. 

“Dengan akses seperti ini kan mudah membawa bibit, pupuk, dan dalam proses panen. Setelah ini berarti saya harus membuat kebijakan soal pengerasan. Agar jalan ini bisa dilalui dalam setiap cuaca,” katanya.

Komandan Korem 063/SGJ, Kolonel Infanteri Dany Rakca Andalasawan mengatakan, pada hari ini ditempat yang baik ini kita bersama menyaksikan apa yang telah kita buat pada waktu yang panjang, kalau saya bisa merasakan batinnya pa dandim, pa bupati ,dan kepala desa khususnya dan teman – teman semua yang hadir disini, kita flashback ke belakang mungkin sekitar  6 bulan atau setahun yang lalu tempat ini tidak seperti ini, hari ini kita ada disini dan kita bisa membayangkan perspektif kurang lebih 1 tahun / 2 tahun kedepan , kita mungkin sudah dimana, mungkin juga kita sudah tidak ada tempat ini tapi ini bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar sini bahkan mungkin bermanfaat bagi peningkatan PAD nya Kabupaten Kuningan, 

“ dari ide pak dandim direkomendasi dan didukung oleh Forkopimda, yang pada hari ini kita akan menandai bahwa manusia yang telah diberikan nikmat Amanah oleh tuhan yang maha kuasa. Kita duduk Bersama disini untuk meletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan – pembangunan yang nantinya bermanfaat bagi masyarakat.” ucap Danrem Dany Rakca.

Kemudian lanjut Danrem, berkaitan tentang beberapa instafaktur yang harus kita dukung memang perlu kita bicarakan untuk bersama diantaranya air dan listrik. Mungkin kalo listrik kalo kita lihat di bawah sudah ada tiang listriknya,  tinggal kita hitung saja sebenarnya berapa kebutuhan atau sarana yang dibutuhkan untuk menarik kabel listrik , cukup satu titik saja yang nantinya mungkin akan berkelanjutan.

“ Nah untuk air ini adalah salah satu invest wakaf bagi kita kepada alam dan sesama. Mungkin dalam segi anggaran, karena pemerintah daerah juga tidak bisa mengeluarkan anggaran tanpa ada suatu perencanaan. Untuk memudahkan, cara kita menyelesaikan satu persoalan pada hari ini saya orang pertama mendonasi untuk membuat air. Nanti silahkan orang kedua ketiga, dst. Kenapa demikian, percepatan – percepatan dengan konsep gotong- royong seperti yang disampaikan pak soekarno dengan kesulitan yang ada, dengan gotong- royong insyaa allah kita bisa selesaikan satu persatu” Ucap Danrem.

Selanjutnya tambah Danrem,  tentang konsep rencana Kejurnas tentang motocross kita lanjutkan, yang sudah ada lahannya yang kita buat. Mudah – mudahan agustus ini disini akan di bisa gelar eventnya jawa barat atau mungkin nasional tingkat nasional kejurnas motor cross untuk hari ini kita rencanakan niatnya diatas gunung ini kita rencanakan bulan agustus dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan RI dilaksanakan event kejurnas motor cross.

Diketahui Lahan seluas 30 hektar itu, disulap Dandim menjadi lokasi agrowisata dengan akses jalan yang menghubungkan 4 desa, yakni Desa Sindangjawa, Longkewang, Nangka dan Ciketak. Selain dibuat akses jalan, Dandim Letkol Czi David Nainggolan ini juga membuka akses pariwisata dan grasstrack tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 agustus 2022 mendatang. 

Dandim 0615/KNG melalui Danramil 1502/Kadugede Kapten Inf Nandang Hendarsyah mengatakan, bahwa selain membuat akses jalan penghubung 4 desa itu, rencana akan dibangun agrowisata buah, wisata religi, dan area grasstrack. “Bahkan 2 tahun kedepan rencana beliau akan dibangun villa dengan konsep ramah lingkungan. Karena beliau kan latar belakangnya arsitek,” kata Danramil. 

Lebih jauh lagi, Danramil menyampaikan, bahwa di Gunung Mayana ini ada situs makam keramat. Dan, itu akan dijadikan wisata religi. Dandim juga sudah menanam bermacam jenis pohon buah-buahan untuk dijadikan agro wisata buah. 

“Kita sudah mulai menanam pohon durian, alpukat, kurma dan semuanya bersertifikat. Sebagian lahan akan ditanam jagung, kacang, dll. Dan, itu semua akan dikelola oleh masyarakat 4 desa tersebut,” tuturnya. 

Selain itu, kata Kapten Nandang, di lahan yang sudah dikerjakan sekitar 7 bulan ini juga telah dibangun area grasstrack untuk para pecinta motor trail. Masyarakat yang datang ke Gunung Mayana, bisa melihat keindahan alam Kuningan dari puncak. Ada area camp juga.


(www.kuningankab.go.id)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close