Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Milad Desa Padamenak Ke-356, Bupati : Hana Nguni Hana Mangke, Tan Hana Nguni Tan Hana Mangke

For mania mega:


 Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH didampingi Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda, SH., M.Si menghadiri acara Peringatan milad atau hari jadi Desa Padamenak Kecamatan Jalaksana yang ke-356 yang diselenggarakan di alun-alun desa, Senin (04/07/2022).

Acara tersebut juga dihadiri dari Keraton Kasepuhan Cirebon yang mewakili Sultan Sepuh XV Keraton Kasepuhan Cirebon diantaranya Patih Sepuh Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Goemelar Soeriadiningrat, Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat, Kerabat Keraton Kasepuhan, Kepala Desa Ibrohim dan warga sekitar tersebut berlangsung cukup meriah dengan penampilan dan perpaduan nilai-nilai adat, kesenian dan sejarah.

Dalam kesempatan ini, Bupati menyampaikan,  dengan perayaan milad ini diharapkan seluruh warga masyarakat sadar akan sejarah dengan begitu akan mampu meningkatkan kecintaan terhadap daerah itu sendiri.

“Hana nguni hana mangke, tan hana nguni tan hana mangke (ada nya jaman sekarang itu karena adanya jaman dulu, jangan lupakan sejarah, jangan lupakan jasa para pahlawan), Momentum Hari jadi ini diharapkan dapat menyadarkan seluruh warga masyarakat betapa pentingnya sejarah demi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara, karena kecintaan terhadap daerah dimulai dari lingkup terkecil yaitu desa kemudian sampai ke level yang paling besar yaitu Tanah Air tercinta Republik Indonesia,” harap nya.

Kepala Desa Ibrohim menuturkan, Konon menurut sejarahnya desa Padamenak merupakan desa yang sempat disinggahi oleh Pangeran Cakrabuwana untuk beristirahat, setelah terlelap untuk beberapa jam Pangeran merasakan tubuhnya menjadi lebih segar dan ia mengatakan pada prajuritnya

"Pedukuhan kuwen arep diupai aran pada enak, sababe kita liren sing kene kuh awak kita pada enak kabeh pisan” (Pemukiman itu akan diberi nama Padamenak, sebab kita beristirahat disini badan kita terasa enak sekali),  dari situlah kata Padamenak diambil," tuturnya. 

(www.kuningankab.go.id)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close