Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Kadis Kominfo : Pandemi Covid-19 Paksa Masyarakat Melek Teknologi Informasi

For mania mega:


KUNINGAN-Pandemi Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia memaksa masyarakat untuk beraktivitas dirumah dengan menggunakan teknologi digital. Mulai dari bekerja, belajar, mencari hiburan, bahkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Hal itu, disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si, saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Peran TIK dan Standar Keamanan Transaksi Online Bagi Pelaku Ekraf dan UMKM di Kabupaten Kuningan Tahun 2021, di Aula Prima Resort, Sangkanhurip, Selasa (23/11/2021).

“Pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai dampak negatif pada berbagai bidang. Namun dari bencana ini, ada hal positif yang dapat kita petik. Salah satu hal positif, tentu adalah kita dipaksa "melek" akan teknologi informasi dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari,” ujar Wahyu.

Pada kesempatan tersebut, Kadis Kominfo mengatakan, pandemi Covid-19 harus menjadi momentum untuk mendorong transformasi digital di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kuningan. Karena pada kenyataannya, pandemi telah mengubah pola hidup normal dan mendorong pengunaan jaringan internet atau daring (dalam jaringan) untuk seluruh aktivitas, mulai dari kegiatan belajar, bekerja, pola konsumsi masyarakat, hingga jual beli.

“Momentum transformasi digital ini tidak boleh dilewatkan dan justru harus dimanfaatkan, agar seluruh lapisan masyarakat mendapatkan literasi digital sekalipun dalam tingkat dasar. Terutama bagi para pelaku usaha ekonomi kreatif dan UMKM, supaya produk-produknya bisa dijual dengan pasar yang lebih luas, baik melalui media sosial maupun marketplace,” tuturnya.

Selanjutnya Wahyu mengemukakan, tantangan revolusi industri 4.0, membuat perkembangan dunia digital di Indonesia sangat menjanjikan, dari sisi pengguna internet, pengguna media sosial, bahkan pengguna ponsel-ponsel pintar. Hal ini, sambungnya, banyak menawarkan peluang-peluang usaha serta arah tujuan bisnis ke depan.

“Usaha-usaha yang hanya mengandalkan cara-cara konvensional dan tradisional, bakal tergilas oleh usaha-usaha yang sudah menerapkan teknologi informasi dalam operasional bisnisnya,” imbuh Kadis Kominfo.

Untuk itu Wahyu berharap, para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan peluang yang ada dengan penggunaan teknologi informasi dalam menjalankan roda bisnisnya, sehingga dapat tetap tumbuh dan bertahan di tengah persiangan ekonomi global.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu (23-24/11/2021) turut dihadiri Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, dan para pejabat dilingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan.

( Di Kutip Dari www.kuningankab.go.id / Bid IKP/Diskominfo)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close