Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Berikut Panduan Resmi MUI Kuningan, Shalat Idul Adha di Rumah

For mania mega:



KUNINGAN - Mengingat kasus Covid-19 masih tinggi di Kabupaten Kuningan, maka pelaksanaan shalat Idul Adha Tahun 1442 H/2021 M dianjurkan untuk dilakukan di rumah masing-masing secara berjamaah bersama kekuarga inti.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Bersama Nomor 450/1635/Kesra, Nomor 042/DP-K/MUI/VII/2021, Nomor 4684/KK.10.08/HM.00/07/2021, Nomor 134/B/SEK.DMI/07 2021 tentang Pelaksanaan Ibadah Sholat Idul Adha, Takbiran dan Penyelenggaraan Qurban Tahun 1442 H/2021 M Pada Masa PPKM Darurat di Kabupaten Kuningan.

Mengenai hal ini MUI Kabupaten Kuningan pun turut mengeluarkan rambu-rambu atau panduan shalat Idul Adha di rumah, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Hukum : Hukum melaksanakannya sunah.
2. Waktu : Selasa
3. Niat Shalat Idul Adha : Shalat Idul Adha berjamaah 2 rakaat. Bisa dilakukan sendiri bisa juga berjamaah. Bagi yang melakukan secara berjamaah disunahkan setelah shalat Idul Adha, melaksanakan khutbah.

a. Niat shalat Idul Adha tidak berjamaah/sendiri : Ushalli sunnatan 'iidil adha rok'ataini mustqbilal qiblati lillahi ta'aalaa
Artinya: "Aku berniat shalat sunah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat karena Allah taala"

b. Niat shalat Idul Adha berjamah : Ushalli sunnatan 'iidil adha rok'ataini mustqbilal qiblati (makmuman 'bagi yang bermakmum' / imaaman 'bagi yang menjadi imam') lillahi ta'aalaa
Artinya: "Aku berniat shalat sunah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat (menjadi makmum/imam) karena Allah taala"

4.Tata Cara Shalat Idul Adha
Rakaat pertama :
a. Mulai dengan membaca takbiratul ihram dan takbir sebanyak 7 kali (ditirukan makmum). Sunahnya membaca doa iftitah dulu kemudian takbir 7x. Diantara takbir membaca : Subhanallah Wal Hamdulillah Walailaha Illa Allah Allahu Akbar.
b. Membaca surat Al-Fatihah
c. Membaca surat Qul Huwa Allah Ahad atau surat lain (Sunahnya jika hafal membaca surat Qaf atau Al-'Ala)
d. Rukuk
e. I'tidal
f. Sujud
g. Duduk di antara dua sujud
h. Berdiri ke rakaat kedua dengan mengucapkan takbir.

Rakaat kedua :
a. Takbir sebanyak 5 kali (ditirukan makmum) Diantara takbir membaca : Subhanallah Wal Hamdulillah Walailaha Illa Allah Allahu Akbar.
b. Membaca surat Al-Fatihah
c. Membaca surat Al-Falaq atau surat lain (sunahnya, jika hafal membaca Iqtarabat atau Al-Ghasyiyah)
d. Rukuk
e. I'tidal
f. Sujud
g. Duduk di antara dua sujud
h. Berdiri ke rakaat kedua dengan mengucapkan takbir.

5. Khutbah Shalat Idul Adha : Setelah melakukan shalat Idul Adha sebanyak 2 rakaat, bagi yang berjamaah di sunahkan ada khutbah. Namun jika tidak ada yang berkemampuan untuk khutbah, maka shalat Idul Adha boleh dilakukan berjamaah tanpa khutbah.

(Dede/Red)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close