Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Adanya Akun Palsu, Sekda Kuningan: Hati-Hati dan Tak Usah Ditanggapi

For mania mega:



KUNINGAN - Modus penipuan yang mengatasnamakan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan kembali lagi terjadi.

Kali ini melalui akun WhatsApp yang mengatasnamakan Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si.

Sekda Kabupaten Kuningan menegaskan, kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat untuk tidak mudah percaya akan rayuan pelaku penyalahgunaan Whatsapp yang mengatasnamakan dirinya tersebut.

"Sering terjadi penipuan menggunakan nama Pejabat Daerah termasuk nama saya juga digunakan untuk modus penipuan." ungkapnya Sabtu (17/07/2021).

Modus yang biasa mereka gunakan biasanya adalah mengaku bahwa itu adalah orang yang asli, dengan membuka obrolan atau percakapan dan untuk meyakinkannya mereka pun memasang foto profil yang bersangkutan di medsos.

Selanjutnya kata Sekda, nanti pelaku akan mengolah kata-kata agar korban percaya. Untuk itu sebelum kita menjawab sebaiknya kita cari tau dulu maksudnya untuk apa.

"Untuk seluruh ASN dan Masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap nomor yang baru menghubungi baik itu nomor WA, Nomor Seluler, Akun-akun Medsos baik itu melalui Chat WA, SMS ataupun lainnya." ungkapnya.

Ia menegaskan, jika ada kejadian seperti itu alangkah baiknya untuk di kroscek terlebih dahulu dan tidak mudah dipercaya. Apabila ada yang mencurigakan segera laporkan kepada pihak yang berwenang.

Kadis Kominfo Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si didampingi Kabid IKP Anwar Nasihin, S.Kom., M.Si menambahkan, bahwa Penipuan menggunakan akun palsu sering meningkat ketika akan menghadapi hari raya, tahun baru, dan masa penerimaan CPNS.

"Seperti halnya pada saat ini jelang Hari Raya Idul Adha pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan modus memberikan bantuan hewan kurban akan tetapi meminta imbalan sejumlah uang, oleh sebab itu mohon masyarakat agar tidak mempercayai berbagai modus apapun." pungkas Kadis Kominfo. (Red)

Source : Diskominfo

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close