Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Monitoring Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Lebaran, Stok Aman Harga Terkendali

For mania mega:

KUNINGAN - Demi menjaga ketersediaan bahan pokok selama bulan suci Ramadan dan jelang Hari Raya, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, dan Wabup Kuningan M. Ridho Suganda laksanakan monitoring di beberapa pasar dan toserba di Kabupaten Kuningan, Kamis (06/05/2021).

Pelaksanaan monitoring sendiri dibagi menjadi tiga tim, Tim 1 dipimpin oleh Bupati, lokasi sasaran Toserba Surya Kuningan dan Pasar CIlimus, Tim 2 dipimpin oleh Wakil Bupati, lokasi sasaran Toserba Yogya dan Pasar Luragung.

Kemudian Tim 3 dipimpin oleh Sekda dengan lokasi sasaran Pasar Baru dan Pasar Ciawigebang, dengan titik keberangkatan setiap tim di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan, Intensitas aktivitas di masyarakat menjelang idul fitri cenderung meningkat. Oleh karena itulah pemda melakukan monitoring ini guna mengecek ketersediaan dan masa berlaku produk-produk yang dijual, serta memantau fluktuatif harga.

"Kami sudah melakukan operasi pasar di 32 titik. Hal ini efektif dalam menjaga kestabilan harga pasar, karena ketersediaan barang dan daya beli masyarakat menjelang idul fitri juga seimbang. Jangan sampai ke depannya ada lonjakan harga yang ekstrim," ujar Bupati.

Sementara itu, Wakil Bupati didampingi Dandim 0615/Kuningan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab.Kuningan Ir. Bunbun Budhiyasa beserta jajaran melakukan monitoring ke Toserba Yogya, Jl. RE Martadinata Cijoho-Kuningan dan Pasar Galuh Luragung, Kecamatan Luragung.

Selama Monitoring, Wabup menanyakan harga bahan kebutuhan pokok kepada beberapa pedagang secara acak dan diketahui satu pekan menjelang Idul Fitri, harga bahan pangan stabil dan ketersediaan mencukupi. 

"Kami menanyakan langsung kepada pedagang dan mereka menjawab belum ada kenaikan harga atau stabil seperti daging, minyak goreng, gula, bawang, sayur-sayuran dan beras. Alhamdulillah harganya stabil," ujar wabup. 

"Insya Allah, ketersediaan bahan pokok untuk tiga bulan ke depan masih aman karena arus distribusi barang masih lancar dan stabil sehingga masyarakat jangan khawatir kekurangan bahan kebutuhan pokok untuk lebaran," imbuhnya. (Red)

Sementara itu mengenai perubahan atau fluktuasi harga barang (sembako) di pasar daerah Kab. Kuningan dengan sampel Pasar Kepuh Kuningan secara rinci dijelaskan dalam list berikut ini.

Source: Diskominfo


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close