Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Peringati 'Poe Basa Indung', Kuningan Launching Kamus Basa Sunda

For mania mega:


KUNINGAN - Dalam rangka memperingati Poe Basa Indung sadunia, Sekretaris Daerah Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si hadir dalam acara Launching dan Bedah Kamus Basa Sunda di Gedung Kesenian Raksawacana Kuningan, Senin (22/02/2021).

Pada kesempatan tersebut Bupati Kuningan yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah menyampaikan, secara Geografis Kabupaten Kuningan merupakan salah satu wilayah dengan kebiasaan menggunakan bahasa sunda, yang berkaitan dengan Budaya Daerah Sunda lainnya. Bahasa Sunda termasuk dalam bahasa warisan nenek moyang  yang harus dilestarikan hingga anak cucu nanti.

“Sekarang, kamus bahasa sunda di daerah Kuningan sudah berjalan untuk digunakan setiap hari, tentu ini merupakan karya awal Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan (DKBK) sejak dilantik 3 September 2020.” ujar Sekda. 

Selanjutnya Sekda memaparkan  kewajiban pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan untuk melestarikan dan memperkenalkan Bahasa Daerah nya. Hal ini terdapat dalam undang-undang Nomor 11 tahun 2010 Cagar Budaya, juga terdapat dalam Undang-undang Nomor 5 tahun 2017 mengenai kemajuan Kebudayaan.

“Untuk menjawab kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan Pelestarian budaya Bahas Sunda, diwujudkanlah kerjasama antar, Disdikbud serta Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan yaitu Pasanggiri Biantara Basa Sunda yang diikuti oleh para ASN, Pasanggiri Cipta Lagu Sunda yang berisikan tentang Kuningan, dan Penghargaan kepada seorang budayawan yang sangat besar pengabdiannya dalam mengenalkan dan menyebarluaskan Bahasa sunda lewat Dongeng dan akan dilaksankaan “Pemasrahan Anugrah Budaya” nanti malam.” Ujar sekda

Sebelum mengakhiri sambutannya Sekda mengucapkan Terima kasih kepada Drs. H. Uca Somantri, M.Si, Dr. Uhar Suharsaputra dan Dodo Suwondo selaku pelopor dan penyusun kamus Bahasa Sunda daerah Kuningan.

“Alhamdulillah hari ini kami telah membuat kamus bahasa sunda daerah kuningan yang telah ditanda tangani oleh Bupati, terdapat  2.194 kata dalam bahasa sunda, semoga Pemerintah Jawa barat memberikan apresiasi kepada Bupati Kuningan" pungkasnya.

(Red)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close