Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Tungku Api Sebabkan Kebakaran di Desa Manggari

For mania mega:


KUNINGAN - Diduga karena bara tungku pembakaran yang belum padam, satu rumah di RT 8/RW 3, Desa Manggari Kec. Lebakwangi Kuningan, Minggu (3/1/2021) dilalap si jago merah.

Peristiwa ini terjadi tadi pagi sekitar pukul 08.30 WIB. Menurut keterangan saksi Uud Mashud (45) musibah yang terjadi di rumah Bpk Misda (65) ini berawal dari kegiatan si mpunya rumah yang kebetulan memasak nasi menggunakan tungku.

"Biasanya pemilik rumah menggunakan gas, akan tetapi gas saat itu kosong, jadi menggunakan tungku." ujar Uud.

Dijelaskan pula setelah selesai memasak, sekitar pukul 08.15 WIB pemilik rumah pun berangkat ke sawah.

Sekitar pukul 08.30 WIB, warga yang sedang berkumpul di sekitaran TKP melihat asap disertai api yang sudah membesar dari arah dapur rumah.

"Kemudian warga bersama-sama mendobrak pintu dapur untuk mengecek sumber api, ternyata api sudah membesar dari arah dapur dan membakar atap plapon rumah." ungkapnya.

Menggunakan peralatan seadanya warga pun berusaha memadamkan api dan mengeluarkan barang -barang dari dalam rumah.

Khawatir api akan merambat ke bangunan lainnya, pada pukul 09.00 WIB, warga setempat/sekaligus Uud melaporkan kejadian kebakaran tersebut ke kantor UPT DAMKAR SATPOL PP KUNINGAN.

"Pada pukul 09.00 WIB 5 anggota Damkar dari regu 2 (piket) dan 1 unit Randis diberangkatkan menuju TKP, dan tiba 15 menit kemudian" ujar Kepala Damkar Kuningan, Mh Khadafi Mufti.

Bersama warga setempat, anggota koramil lebakwangi, api pun dapat dipadamkan pada pukul 10.05 WIB. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Sementara total kerugian diperkirakan mencapai Rp 18 juta

"Penyebab kebakaran diduga berasal dari bara tungku yang tidak dipadamkan, kemudian membakar minyak bekas yang berasa diatas kwali dan merambat ke atap plapon rumah." pungkas Kepala Damkar Kuningan.

Kepala Damkar Kuningan pun turut mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap berbagai potensi bahaya kebakaran. Disampaikan pula apabila terjadi kebakaran, segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kab. Kuningan di No (0232)871113 layanan gratis/tidak dipungut biaya.

(Dede)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close