Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pantang Pulang Sebelum Padam, 152 Kasus Kebakaran Sepanjang Tahun 2020

For mania mega:


KUNINGAN - Selain mencegah dan memadamkan kebakaran, tugas pokok damkar adalah melakukan tugas penyelamatan baik yang menyangkut adanya kebakaran maupun tidak.

Di sepanjang tahun 2020 UPT Damkar Satpol PP Kuningan sendiri melaporkan telah menangani 152 kasus kebakaran yang dengan rincian 70 kasus kebakaran lahan/hutan, dan 82 kasus kebakaran rumah/tempat usaja/kendaraan.

"Jumlah total kejadian kebakaran lahan/pemukiman/tempat usaha total 152 kasus kejadian, kerugian material total Rp 11.920.000.000" ujar Kepala UPT Damkar Kuningan, Mh. Khadafi Mufti, Sabtu (26/12/2020).

Dirinya juga menyampaikan, di tahun 2020 tidak hanya kejadian kebakaran saja yang turut dihadapi oleh anggota Damkar Kuningan, melainkan hal non kebakaran juga seperti evakuasi hewan, s.d evakuasi pohon tumbang/banjir/longsor.

Meliputi evakuasi/pemusnahan sarang tawon: 392 kasus, evakuasi ular masuk ke pemukiman warga: 34 kasus, evakuasi kerbau masuk sumur/septictank: 1 kasus, evakuasi biawak masuk ke pemukiman warga: 25 kasus.

Kemudian evakuasi pohon tumbang/banjir/longsor: 48 kasus, penyemprotan jalan raya/pemukiman penduduk dari debu/matrial berbahaya tumpahan solar/bensin/minyak: 23 kasus. Pendistribuasian air bersih 11 kali pengiriman, dengan estimasi 445.000 liter.

Juga Penyemprotan cairan disinfektan dalam upaya pencegahan Covid-19 +- 1,7 juta liter cairan disinfectan. Dengan titik lokasi penyemprotan sebanyak 733 titik lokasi, baik itu dalam lingkup Desa, bangunan Pemerintah/swasta/rumah sakit/masjid, s.d jalan raya.

Walau begitu Kepala Damkar Kuningan pun mengaku pihaknya masih mendapati beberapa kendala dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Seperti dari belum terbentuknya Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK), dan juga dari jumlah personil.

"Hal ini sudah kami sampaikan kepada Bupati Kuningan DPRD Kabupaten Kuningan dan Kasatpol Pp Kab.Kuningan, untuk menjadi bahan tindak lanjut." ungkapnya.

Perlu diketahui, personil Damkar Kuningan sendiri hanya 27 orang, dengan cakupan wilayah layanan (Kab. Kuningan) : Luas Daratan Kab.kuningan seluas 1.119 km2, 361 Desa, 15 Kelurahan, 32 Kecamatan dan 1,2 juta penduduk kab.kuningan.

(Dede)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close