Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

MA Pembangunan Mandirancan, Satu dari Tiga Madrasah dengan Program Keterampilan Unggulan

For mania mega:


KUNINGAN - Tercatat berdiri sejak tahun 1985, MA Pembangunan Mandirancan Kuningan terus ciptakan generasi kreatif nan produktif.

Selain fokus di bidang agama, MA Pembangunan Mandirancan juga punya program keterampilan unggulan, seperti Teknik Grafika, Pengelasan, sampai dengan Tata Boga.

"Alhamdulilah MA Pembangunan Mandirancan merupakan salah satu dari tiga madrasah di Kuningan yang punya program keterampilan unggulan, dan se-Indonesia hanya ada 200-an" ujar Kepala Madrasah, Rudi Rahman Ginanjar, S.Pd. di program talkshow Badami, Rabu (30/12/2020).

Sesuai dengan struktur kurikulum dari Kementerian Agama, alokasi waktu pembelajaran di MA Pembangunan Mandirancan sendiri di khususkan, seperti halnya SMK, tidak masuk di 'ekstra' namun masuk secara langsung di jam pelajaran.

"Jadi untuk 3 program keterampilan unggulan di MA Pembangunan Mandirancan, diatur jamnya untuk 1 minggu ada 1 hari full yang mempelajari program tersebut" ujarnya.

Mengusung visi “Cerdas dalam Bertindak, Unggul dalam Hidup, Terampil dalam Bekerja, Santun dalam Pekerti” MA Pembangunan Mandirancan pun menginginkan generasi yang memiliki pengetahuan luas juga ilmu agama yang diterapkan dikehidupan mereka.

Dan ini pun dilakukan di MA Pembangunan khususnya dalam ekstrakurikuler, seperti Rohis, Osis, yang turut serta dalam pengembangan serta pembiasaan dalam hal kesantunan serta budi pekerti khususnya.

"Dengan harapan ketika terjun di masyarakat, minimal untuk diriya sendiri bisa mendisiplinkan dan juga bisa memiliki kesopanan/akhlak yang tinggi dalam bermasyarakat." ujar Wakamad Bidang Kesiswaan Jaja Suparja S.Pd., yang turut serta menemani Kepala Madrasah.

Sementara itu dari ke-3 program keterampilan tersebut MA Pembangungan sendiri memiliki berbagai keunggulan seperti halnya di Teknik Grafika, selain fokus di Teknik Desain para siswa pun dibekali juga dengan pengetahuan cara penerapan desain di beragam media seperti cetak mug, stiker, dsb. 

Juga dengan keterampilan Tata Boga, selain teori, serta prakik, para siswa juga diarahkan untuk dapat memasarkan produk yang dibuatnya. Termasuk juga di Teknik Pengelasan, dengan merubah mindset siswa dan orang tua, bahwa pengelasan tidak hanya identik dengan pekerjaan berat saja. 

"Namun kita geser pemahaman tersebut bahwa pengelasan bisa dikolaborasikan dengan media-media lain seperti barang-barang interior, instalasi, hiasan, gantungan lampu, dll dengan harapan bisa menciptakan produk komersial yang baru" pungkas Kepala Madrasah.

MA Pembangunan Mandirancan sendiri berada di bawah naungan Yayasan Al Muawanah, dan terletak di Jl. Siliwangi 2 Mandirancan. Desa Mandirancan. Kec, Mandirancan, Kuningan. Info terbaru mengenai MA Pembangunan Mandirancan dapat diakses melalui halaman website https://www.aliyahpembangunankuningan.sch.id/

(Dede)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close