Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Launching, Kecamatan Jalaksana Sebagai Kecamatan Markisa

For mania mega:


KUNINGAN - Mimpi Jalaksana menjadi kawasan wisata bercirikan markisa kini mulai terwujud. Hal ini ditandai dari dilaunchingnya pengukuhan 'Kecamatan Jalaksana Sebagai Kecamatan Markisa', Rabu (2/12/2020) di halaman Kantor Desa Sadamantra.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Jalaksana, Toni Kusumanto turut mengucapkan rasa terima kasihnya, Bupati dan Wakil Bupati Kuningan yang telah turut hadir dan ikut mengukuhkan 'Kecamatan Jalaksana Sebagai Kecamatan Markisa'

Dirinya juga memaparkan bahwasannya wilayah Kecamatan Jalaksana merupakan satu kecamatan di Kabupaten Kuningan yang punya potensi, kualitas sumber daya luar biasa serta beragam.

"Mulai dari potensi-potensi yang ada di Sukamukti sampai dengan Peusing, kemudian potensi-potensi yang ada di Sangkan Herang sampai dengan Sindang Barang. Inilah potret yang dimiliki Kecamatan Jalaksana." ujarnya.

Terlepas dari semua kekayaan yang ada di wilayah Kecamatan Jalaksana, lanjut Camat Toni ternyata ada satu kendala dimana Kecamatan Jalaksana belum punya ikon, belum punya daya tarik yang khas.

"Inilah yang menyebabkan orang-orang tidak tahu seperti apa itu Kecamatan Jalaksana." imbuh Toni Kusumanto.

Melihat poteni pemanfaatan markisa yang cukip tinggi, maka kemudian dipilih dan disepakatilah Markisa beserta olahan-olahannya menjadi ciri, ikon dari Kecamatan Jalaksana.

Tentunya mimpi besar yang berusaha diwujudkan oleh warga Kecamatan Jalaksana tersebut perlu adanya dukungan dari pemerintah, khususnya dinas-dinas terkait.

"Sebab itu perlu juga kami sampaikan Pak Bupati, bahwa grand desain bagaimana Jalaksana ini menjadi sebuah kawasan wisata terpadu itu diharapkan ada link/penghubung antara satu desa dengan desa lainnya" ujar Toni.

Sementara itu Bupati Kuningan H. Acep Purnama S.H. M.H, turut menyambut gagasan dan siap mendukung program Kecamatan Jalaksana Sebagai Kecamatam Markisa.

“Ada tanah, bibit dan pupuk yang bisa dikelola dan diolah. Tinggal bagaimana niat dan kemauan apalagi Jalaksana tanahnya subur. manfaatkan sumberdaya alam dan sumberdaya manusianya untuk membangun nilai-nilai yang nantinya akaycn menjadi keunggulan, bagi Kecamatan Jalaksana" ujar Bupati.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa Kuningan memiliki visi Kuningan MAJU (Makmur, Agamis dan Pinunjul) Berbasis Desa. Dan dengan program yang dicanangkan Kecamatan Jalaksana secara tidak langsung telah memicu gairah wirausaha khususnya di Desa-Desa Kecamatam Jalaksana.

Sepertihalnya pada Program one village one product yang ditujukkan untuk mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat desa. Setiap desa didorong untuk menemukan dan mengembangkan satu produk unggulan yang mempunyai ciri khas yang berbeda dengan produk dari desa lainnya.

“Semuanya tidak ada yang mustahil selama ada kemauan itu akan menciptakan jalan. Maka dari itu bersama seperti ini sangat penting bahkan dari visi misi tersebut terepenting untuk perwujudannya.” Pungkas Bupati.

(Dede)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close