Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

TKPK Tingkat Kecamatan Dilantik, Camat Sindangagung Jelaskan Alokasi Program Bantuan

For mania mega:


KUNINGAN - Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH., Senin (7/12/2020) melantik Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Kuningan di Kantor Kecamatan Sindangagung.

Pembentukan TKPK di tingkat kecamatan ini dimaksudkan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kuningan. Dengan meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antar/lintas sektor secara terpadu dan berkesinambungan sampai ke level bawah.

Berdasarkan data BPS, tren kemiskinan di Kabupaten Kuningan dari tahun 2015 hingga 2019 terus mengalami penurunan. Namun setelah adanya pandemi Covid, di tahun 2020 angka kemiskinan Kabupaten Kuningan pun meningkat dari 11,41% (di tahun 2019) menjadi 12,82%

"Kita yakini pangkal persoalan peningkatan angka kemiskinan ini bermula dari banyaknya masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan bahkan kehilangan pekerjaan." Ujar Bupati Kuningan.

Sementara itu dalam laporan yang disampaikan Camat Kecamatan Sindangagung R. Imam Reapdiantoro S.Sos., M.Si. terdapat 4.445 keluarga miskin di Sindangagung.

Untuk menanggulangi hal tersebut Kecamatan Sindangagung pun disebutkan telah melaksanakan beberapa program bantuan diantaranya seperti Bantuan Pangan Non Tunai kepada 123 keluarga, bantuan sosial yang dilaksanakan oleh Kantor Pos kepada 4.090 keluarga.

Kemudian bantuan dari Provinsi kepada 2.236 keluarga, bantuan dari Kabupaten 837 keluarga, bantuan langsung tunai (BLT) kepada 955 keluarga dengan alokasi dana desa sebanyak 4,2 miliar, dan bantuan kepada UMKM di Kecamatan Sindangagung kepada 416 keluarga.

Dalam pelaksanaan penyaluran bansos-bansos dari dana pusat, kabupaten, dan dana desa diakuinya tidak ada permasalahan besar. Kecamatan Sindangagung sendiri tengah melaksanakan pembangunan sekolah dengan dana swadaya sekitar 160 juta.

"Kecamatan Sindangagung telah melakukan proses pembangunan sekolah yang sumbernya secara swadaya dengan ukuran 6x7 dana sebesar 160 juta. Kami mohon doa dalam pelasanan ini diberikan kemudahan bagi para pekerja.” Ujar Camat Kecamatan Sindangagung R. Imam Reapdiantoro S.Sos., M.Si.

Dalam kegiatan ini, Bupati Kuningan melantik Sekretaris Kecamatan Sindangagung H. Uus Sunardi, S.Sos., Sekretaris Kecamatan Garawangi Setia Gunadi, SH., dan sebanyak 38 orang selaku ketua dan anggota tingkat Kecamatan Sindangagung dan Kecamatan Garawangi.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota tim pelantikan TKPK tingkat kecamatan, para camat se-Kabupaten Kuningan, dan tim Penanggulangan Kemiskinan Tingkat Kecamatan yang baru dilantik.

(Dede/Red)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close