Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Cegah Bencana Hidrometeorologi, Bupati Terbitkan SE, Berikut Uraiannya

For mania mega:


KUNINGAN - Demi menghadapi kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama mengeluarkan surat edaran melalui Camat Se-Kabupaten Kuningan, Senin (21/12/2020).

Melalui surat edaran tersebut dijelaskan dalam rangka meningkatkan antisipasi dan meminimalisir risiko bencana di musim penghujan, yaitu tanah longsor/pergerakan tanah dan banjir, perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi, diantara:

1. Membentuk posko kesiapsiagaan di desa rawan bencana 

2. Mewaspadai terjadinya bencana hidrometeorologi pada peralihan musim kemarau ke musim penghujan (La Nina)

3. Melakukan kegiatan pembersihan lingkungan baik saluran drainase pemukiman

4. Apabila ada retakan tanah agar segera melakukan upaya penutupan sebelum berisiko terjadi tanah longsor.

5. Aktifkan potensi sumber daya manusia, dan peran aktif masyarakat melakukan Piket Malam

6. Melakukan Pemetaan maping seta deteksi dini terhadap potensi ancaman, risiko dan kerentanan bencana

7. Melakukan perbaikan jaringan pipanisasi dan rehabilitasi di sekitar kawasan embung/waduk untuk menjaga kelestarian alam dengan melakukan reboisasi

8. Meningkatkan komunikasi dan melaksanakan pelaporan tertulis yang bersifat akurat cepat, tepat dan terpadu kepada Bupati Kuningan tembusan kepada BPBD Kabupaten Kuningan dan Dinas Teknis terkait.

9. Dalam rangka respon time dapat menghubungi BPBD Kabupaten Kuningan, Jalan Jenderal Soedirman No. 80 Kuningan, Call Centre (0232) 876233 Faximile (0232) 873303 HP. Pusdalops 081 124 424 44

Kalak BPBD Indra Bayu meyampaikan bahwa, sesuai dengan prediksi dan prakiraan cuaca dari BMKG, bahwasannya curah hujan di bulan desember akan ada peningkatan, yang sampai saat ini dapat dirasakan bersama. hampir setiap hari hujan merata terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan.

Sebagai bahan informasi, berdasarkan data yang kita terima sampai dengan tanggal 19 desember 2020 di wilayah kabupaten Kuningan, sudah terjadi beberapa kejadian bencana, yang tercatat dan terlaporkan ke Pusdalops PB ada 23 kejadian bencana. berarti rata2 setiap hari ada kejadian bencana.

Lebih lanjut SE Bupati tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Hidrometeorologi Tanah Longsor, Pergerakan Tanah dan Banjir di Kabupaten Kuningan ini dapat diunduh dalam tautan berikut

(Dede/Red)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close