Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Perkuat Pengawasan Pemilu, Bawaslu Berkonsolidasi dengan Uniku

For mania mega:


KUNINGAN - Dalam rangka meningkatkan kualitas kepemiluan dan lembaga, Bawaslu Kuningan, Kamis (26/11/2020) jalin kerjasama dengan Uniku. Kerjasama dituangkan dalam MoU, ditandatangani di Student Center Uniku.

Penandatanganan sendiri dilakukan oleh Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdulah Dahlan, Ketua Bawaslu Kuningan Ondin Sutarman. Dari pihak Uniku diwakili oleh Wakil Rektor III Ilham Adhya, S.Hut.,M.Si dan Wakil Dekan II Fakultas Hukum Uniku Diding Rahmat, S.H.

Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdulah Dahlan menyatakan dengan dilakukannya MoU ini diharapkan Bawaslu dan Uniku bisa berperan dalam meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia khsususnya di Kabupaten Kuningan. 

"Kampus memiliki sejarah panjang dalam penguatan isu isu kepemiluan. Kampus juga berperan dalam melahirkan pemilu yang berkualitas," ujar Abdullah Dahlan.

Hal yang sama pun disebutkan Ondin Sutarman, Ketua Bawaslu Kuningan. Dirinya menyatakan bahwa penandatangan MoU dengan Unikubmerupakan upaya dalam merangkul berbagai elemen masyarakat yang di dalamnya ada juga unsur kampus. 

"Hal ini dilakukan dalam rangka membangun kemitraan dengan misi sharing dan membahas issue strategis kepemiluan demi terwujudnya pemilu yang berkualitas," kata Ondin.

Sebagai bentuk realisasi MoU ini diwujudkan dalam cara Uniku menjadi patner langsung Bawaslu. Secara teknis Bawaslu bisa melibatkan mahasiswa sebagai relawan dalam pengawasan. 

"Uniku pun bisa menjadikan Bawaslu sebagai ajang praktikum mahasiswa hukum yang ingin mengetahui terkait hukum-hukum pemilu," papar Ondin.

Sementara itu Warkil Rektor III Uniku Ilham Adhya, S.Hut.,M.Si., mengaku ikut senang bisa bekerja sama dengan Bawaslu. Ilham mengatakan sebagai lembaga pendidikam kampus tidak hanya berkutat dalam proses belajar mengajar, tetapi juga ada tanggungjawab penelitian dan pengabdian. 

"Momentum ini memungkinkan untuk pergunakan sebagai ajang pengabdian para dosen kami atau mahasiawa kami. Tekhnisnya bisa menjadi pengawas independen. Hal inipun akan bisa menambah wawasan dan memperdalam keilmuan yang berkaitan dengan kepemiluan," jelas Ilham. 

(Dede)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close