Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Ditinggal Sang Pemilik, Satu Rumah di Desa Puncak-Cigugur Ludes Dilalap Api

For mania mega:


KUNINGAN - Kebakaran kembali terjadi, kini musibah si jago merah tersebut menimpa salah satu rumah warga di Blok Ciwuni 1 RT 04 RW 02 Desa Puncak Kec. Cigugur, Kuningan.

Rumah milik Ibu Iloh (71) ini diketahui terbakar pada, Sabtu (7/11/2020) subuh tadi, sekira pukul 03.50 WIB.

Menurut keterangan Kepala UPT Damkar Satpol PP Kab.Kuningan, Mh.Khadafi Mufti, S.Pd,M.Si kejadian ini awalnya diketahui oleh warga yang sedang ronda. Melihat ada asap tebal dan api di lokasi kejadian.

"Menurut keterangan Bpk Noli Handar (42) selaku Kadus, sekitar pukul 03.50 WIB. Saat warga sedang melakukan patroli/ronda keliling, saksi bersama beberapa warga melihat asap tebal dan api yang berasal dari dapur rumah" ujarnya.

Beberapa warga lanjut Kepala Damkar kemudian membunyikan kentongan, untuk memberi tahu warga lainnya. Warga lalu mendobrak pintu depan,untuk menolong pemilik rumah yang kebetulan tinggal seorang diri.

Setelah pintu terbuka, ternyata pemilik rumah tidak berada dirumah. Diketahui sang pemilik, Ibu Iloh tengah menginap di salah satu keluarganya, yang masih satu alamat dengan lokasi kebakaran.

Bersama-sama dengan aparat pemerintahan desa, warga memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya.

"Karena lokasi kebakaran di pemukiman yang sangat padat, dan khawatir akan merambat ke bangunan lainnya, baru pada pukul 04.25 wib (45 menit setelah kejadian awal kebakaran) Kaur Pemerintahan Desa Puncak an. Bpk Aam (48 th) melaporkan kejadian kebakaran k3 kantor UPT Damkar Satpol PP Kab.Kuningan (0232) 871113" ungkap Kepala Damkar.

Kemudian Pada pukul 04.25 WiB, 1 Randis Damkar dan 5 anggota diberangkatkan menuju lokasi, dan Tiba di TKP pada pukul 15 menit kemudian. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 06.00 WIB.

Sementara itu untuk penyebab kebakaran diduga berasal dari sisa bara api di tungku pembakaran.

"Kemudian merambat ke tumpukan kayu serta membakar gas Uk. 3k. Saat Petugas Damkar dan Randis Damkar tiba di TKP, lokasi kebakaran berada di pemukiman padat penduduk, kendaraan damkar tidak bisa medekati lokasi, dan terlambatnya laporan kejadian kebakaran." paparnya

Pemilik rumah yang tinggal seorang diri ini memerlukan bantuan perbaikan rumah/tempat tinggal, makanan, obat-obatan, pakaian dll. Total kerugian yang diderita Ibu Iloh diperkirakan mencapai Rp. 92.5 juta, dengan bangunan, televisi, pakaian, dan surat-surat berharga (KTP, KK, Sertifikat rumah) ludes terbakar.

(Dede)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close