Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Praktik Mengajar Dimulai Senin Depan, 265 Peserta PKM di 35 Sekolah Dibekali

For mania mega:


KUNINGAN - Sebanyak 265 orang yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uniku akan mengikuti kegiatan Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) di 35 sekolah mitra yang ada di Kabupaten Kuningan.

Karena masih dalam situasi pandemi, Unit PKM dan Microteaching FKIP Uniku tetap melaksanakan kegiatan PKM III tersebut dengan menggunakan metode KBM daring dan luring, disesuaikan dengan kondisi sekolahnya masing-masing.

“Proses pembekalan yang berlangsung selama 2 hari 24-25 September 2020 ini pun dilakukan secara virtual yang berlangsung di Aula FKIP Uniku,” kata Cucu Suhartini, M.Pd., Kepala Unit PKM dan Microteaching, Kamis (24/09/2020).

Menurutnya, PKM III ini merupakan praktik mengajar yang sifatnya terbimbing sebagai asisten guru, yang akan dibimbing langsung oleh guru pamong di sekolah, serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari setiap program studi yang ada di FKIP Unku.

Sementara itu untuk tujuan umum dari PKM III sendiri adalah untuk melatih mahasiswa FKIP yang nota bene calon guru agar lebih memantapkan kompetensi akademik mereka sesuai dengan bidangnya masing-masing melalui berbagai bentuk aktivitas sekolah dalam situasi nyata.

“Bukan hanya itu saja tujuan dari kegiatan PKM III, PKM III ini bisa bertujuan untuk melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler dan membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru,” terangnya.

Lebih jauh, sambung Cucu sapaan akrabnya, dijelaskan bahwa untuk agenda pada Jumat (25/9) adalah Pembekalan PKM III tingkat Prodi dengan menggunakan via zoom meeting, dan akan dimulai pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Cucu berharap, dengan diselenngarakannya kegiatan PKM III yang masih dalam situasi dan kondisi pandemi Covid 19, diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta para pesertanya tetap semangat mengikuti kegiatan tersebut.

“Semoga, kegiatan PKM III ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Yeyen Suryani, M.Pd., menyampaikan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana dan para peserta yang mana adalah mahasiswa dan mahasiswi FKIP Uniku.

“Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh jajaran panitia pelaksana dan tak lupa saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan PKM III bagi mahasiswa dan mahasiswi FKIP Uniku,” tuturnya.

Yeyen sapaan akrabnya, menitipkan pesan kepada para peserta PKM III yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi dari enam (6) program studi di FKIP Uniku, dimana para peserta harus menjaga etika dan moral ketika di sekolah.

“Ikuti semua kebijakan yang ada di sekolah mitra PKM, karena mahasiswa dan mahasiswi PKM merupakan candra dimuka FKIP Uniku. Mahasiswa PKM sudah dibekali dengan berbagai kompetensi sebagai bekal PKM,” pungkasnya.

(Dede/Sep)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close