Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Tantangan Terpenuhi, Mendagri Hadir Di Kuningan

For mania mega:

Megaswara Kuningan - Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Sabtu (15/08/2020) hadiri launching pembagian 1,2 juta masker di Aula Pendopo Kabupaten Kuningan.

Agenda Mendagri di Kabupaten Kuningan ini sebagai bentuk realisasi dari janji ‘tantangan’-nya kepada para kepala daerah. Jika ada kepala daerah yang bisa lakukan gerakan sejuta masker maka ia akan hadir sebagai bentuk apresiasi terhadap pemerintah daerah yang secara nyata melakukan gerakan melawan Covid-19.

Menurut Mendagri dalam sambutannya menyebutkan berdasar hasil dari beberapa penelitian menunjukkan jika setiap orang menggunakan masker utamanya di tempat publik, maka itu bisa mengurangi potensi penularan. Kurva penularan bisa berkurang. Bahkan ada yang menyatakan potensi penularan bisa berkurang 50% s.d 60%

"Oleh karena itu Bapak Presiden menghendaki agar sosialisasi ini dilakukan secar masif dan dilaksanakan mulai dengan langkah-langkah persuasif, yakni membagikan masker, seperti Gerakan Sejuta Masker di Kabupaten Kuningan ini" ujarnya.

Menteri Tito juga berharap, gerakan pembagian masker ini tidak bersifat top down. Artinya, tidak hanya diinisiasi dan dimobilisasi oleh pemerintah pusat atau daerah saja. Namun bisa juga dilakukan secara bersama.


Selain itu Bupati Kuningan juga berharap bahwa dengan dibagikannya 1,2 juta masker di Kabupaten Kuningan ini, penggunaan masker dapat dibudayakan dan menjadi salah satu bentuk dari adaptasi kebiasaan baru, agar penularan Covid-19 di Kabupaten Kuningan dapat diminimalisir.

Sementara itu Gerakan Sejuta Masker ini pada dasarnya telah dilaksanakan lebih awal secara bertahap, dan berdasar data pembagian masker telah mencapai sebanyak 4,5 juta buah, dengan perincian sudah disalurkan sebanyak 3,2 juta dan yang akan disalurkan sebanyak 1,2 juta.

"Untuk pembagian masker sendiri akan dilaksanakan oleh berbagai elemen diantaranya BPBD, Gugus Tugas, TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Bank BJB, Bank Kuningan, Korpri, Komunitas lainnya dan juga Pemerintah Desa" pungkas Bupati Kuningan.

(Dede/Diskominfo)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close