Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Semangat Baru Dimasa Pendemi, Kelompok KKN 57 Uniku Angkat Es Lidah Buaya sebagai produk unggulan

For mania mega:

Megaswara Kuningan - KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah sebuah program tahunan di Universitas Kuningan. Di dalamnya terdapat kegiatan pengabdian di masyarakat, dan seperti tahun sebelumnya, di tahun 2020 ini konsep KKN yang diangkat pun pengembangan terhadap wirausaha/UMKM warga.

Kelompok KKN 57 Uniku, beranggotakan 17 orang, terdiri dari mahasiswa Fakultas FKIP, FKom, FE, dan juga FHUT. Ditugaskan melakukan pengabdian di Desa Babakanmulya, Jalaksana.

Dengan diketuai Fiqri Nur Faiz, Kelompok 57 ini menetapkan dan memilih sebuah olahan minuman dari bahan alami, tumbuhan lidah buaya “Aloe jel’o” sebagai produk wirausaha/UMKM yang akan diangkat.

Produk es lidah buaya ini sendiri sudah diproduksi oleh salah satu warga di Desa Babakanmulya, oleh ibu Irdawati. Sebagai pemilik usaha ia sendiri ingin melakukan terobosan di bisnis minuman.

 “Dengan maraknya penjualan es yang hanya itu-itu saja maka terlintaslah suatu pemikiran untuk membuat es lidah buaya dengan bahan bakunya dari tumbuhan alami yaitu lidah buaya” ujarnya.

Ditangan Kelompok 57 produk aloe jell-o kemudian diberikan inovasi baru berupa penghilangan rasa pahit dan getir.

"Setelah mencuci daging lidah buaya dengan bersih kita berinisiatif untuk merendam daging lidah buaya tersebut dengan air garam supaya menetralisir rasa pahit atau getah yang ada" ujar Fiqri ketua rombongan KKN 57

Selain itu, lanjut Fiqri untuk mengoptimalkan rasa Kelompok 57 juga menambahkan varian rasa seperti lemon, jeruk, dan anggur. Selain menambah kesegaran rasa, ketiga rasa ini juga sangat menarik untuk kaum muda, dan juga terjamin aman, sehat bagi tubuh. 

Fiqri menyebutkan inovasi pada produk es lidah buaya yang dilakukan oleh Kelompok 57 ini tidak sebatas dalam pembenahan rasa saja, namun dalam hal packaging dan pembuatan branding juga. Dalam pemasarannya Kelompok KKN 57 pun hadir dan mambantu untuk mendigitalisasi produk, mengoptimalkan sosial medi, seperti IG dan juga FB.

“Lidah buaya yang jarang di jadikan olahan makanan ini, mengandung vitamin A, B, dan E yang tentunya baik untuk kesehatan” ungkapnya.

Untuk saat ini produk unggulan Desa Babakanmulya dapat dilihat di IG @kkn57 Babakanmulya, dan untuk pemesanan bisa dilakukan di akun sosmed tersebut.

Untuk produk unggulan Desa Babakanmulya ini di bandrol dengan harga  yang cukup terjangkau yakni 8k/botol 250ml.

(Mega/Syarif)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close