Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Samporasun Jadi Produk Unggulan Kelompok 36

For mania mega:


Megaswara Kuningan - Uniku baru saja menyelesaikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)-nya. Pelaksanaannya dilakukan secara daring, dibagi-bagi kedalam beberapa kelompok, dan ditempatkan di beberapa Desa di Kab.Kuningan. Salah satu kelompok KKN Uniku 2020 adalah kelompok 36, yang ditempatkan di Desa Sampora Kecamatan Cilimus, Kuningan.

Deni Hariz Rahmatullah, Ketua Kelompok 36 KKN Uniku, Sabtu (29/8/2020) menyebutkan bahwa Desa Sampora merupakan salah satu dari 13 Desa di wilayah Kecamatan Cilimus, yang punya potensi dalam hasil bumi seperti potensi Ubi jalar, Padi, Dolticau, Kripik pisang, dan lainnya.

“Kelompok 36 mengangkat salah satu potensi yang ada di Desa Sampora yaitu adanya Ubi jalar yang sangat melimpah ruah yang bisa dijadikan berbagai macam olahan yang terbuat dari Ubi jalar,” ujarnya.

“Apabila diolah dengan semaksimal mungkin, maka potensi kekayaan alami ini akan menjadi suatu inovasi dalam memberdayakan masyarakat DesaSampora,” imbuhnya.

KKN kelompok 36 dibantu oleh beberapa pihak untuk dapat mengembangkan salah satu potensi yang ada di Desa Sampora tersebut, diantaranya dibantu oleh pihak Desa Sampora, masyarakat Desa Sampora dan Ibu-Ibu PKK yang ada di Desa Sampora.

Potensi Desa Sampora yang dikembangkan oleh KKN Kelompok 36 yaitu Ubi jalar, lanjut Deni akan diinovasikan menjadi stik ubi dengan berbagai varian rasa seperti jagung manis, balado, coklat serta produk originalnya.

“Ubi jalar sendiri sangat melimpah ruah di Desa Sampora dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang sering kita jumpai akan tetapi bahan utama yang akan digunakan yaitu Ubi jalar,” ungkapnya.

Diakhir keterangannya, ia memaparkan, ubi jalar yang dikembangkan menjadi stik ubi sudah ada pada tahun KKN 2019, maka pada KKN tahun 2020 oleh kelompok 36 diberikan inovasi yang baru dengan adanya varian rasa.

“Cemilan stik ubi yang diberi nama “Samporasun” ini dihargai 7 ribu per-bungkus dan bisa dinikmati kapan saja, tentunya dengan kandungan nutrisinya yang banyak,” pungkasnya.

(Red/As)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close