Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Peserta KKN Uniku 2020 Resmi Dilepas

For mania mega:

Megaswara Kuningan – Seribu lebih peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata) Uniku 2020 hari ini, Senin (10/9/2020), resmi dilepas. Mereka akan mengikuti kegiatan KKN mulai 10 s.d 23 Agustus 2020 dengan penempatan di 61 Desa serta 20 Kecamatan di Kabupaten Kuningan dengan prioritas di daerah perbatasan Majalengka, Cirebon, Ciamis dan Brebes.

Ketua Panitia KKN 2020 Tatang Rois, M.Si., dalam sambutan virtualnya, menyebutkan bahwa untuk pelaksanaan KKN 2020 berbeda dengan pelaksanaan KKN sebelumnya. Karena situasi masih pandemi Covid-19, maka pelaksanaan KKN harus menggunakan protokol kesehatan.

“Sementara itu untuk konsep KKN tahun ini masih dalam KKN Tematik Kewirausahaan Uniku dengan tema “Pemberdayaan masyarakat Berbasis Potensi Kewilayahan : Digitalisasi Produk Unggulan Desa di Masa Pandemi Covid-19” jelasnya.

Program KKN tematik kewirausahaan ini adalah bentuk tindak lanjut kerjasama dengan USAID dan Kemenristekdikti selama 3 tahun dari tahun 2019 – 2021. Prinsip dasarnya ialah keberlanjutan program untuk memberdayakan dan memuliakan kehidupan masyarakat melalui kegiatan wirausaha.

Lebih lanjut, sambung Tatang yang juga Kabid Pengabdian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Uniku tersebut, menjelaskan, tugas utama yang harus dilakukan peserta KKN diantaranya adalah updating profil kewirausahaan desa, updating produk dan desain unggulan desa (OVOP), updating kelembagaan usaha desa (OVOC), mendigitalisasi profil kewirausahaan, OVOP dan OVOC.

“Tentunya sampai memasarkan produk unggulan desa secara online dan terakhir penyelenggaraan KKN expo secara online setelah kegiatan selesai,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Uca Somantri, M.Si., mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan mengucapkan terimakasih kepada pihak Uniku atas kepercayaannya untuk menjadikan Kabupaten Kuningan sebagai tempat KKN dengan jumlah peserta 1.074 mahasiswa.

“Terimakasih kepada Uniku atas kepercayaannya kepada kami  untuk menjadikan Kabupaten Kuningan sebagai tempat KKN 2020,” tuturnya.

Dengan adanya kegiatan KKN ini, diharapkan dapat membantu dan menunjang pembangunan dari berbagai sektor.

“Jadikan KKN ini sebagai ajang mendekatkan diri dengan masyarakat. Transfer ilmu pengetahuan dan keterampilannya semasa menempuh pendidikan di Uniku sesuai dengan bidangnya masing-masing serta dapat menggali potensi-potensi yang ada untuk kesejehteraan masyarakat,” pungkasnya.

(Sep//Dede)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close