Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Bangkitkan Gairah Perekonomian Warga, Kelompok 29 Uniku Angkat Gemblong Sebagai Produk Unggulan

For mania mega:

Megaswara Kuningan - Seperti tahun sebelumnya, tahun ini Uniku menggelar KKN (Kuliah Kerja Nyata) dengan fokus pada pengembangan wirausaha/UMKM warga. Diketahui peserta KKN Uniku tahun 2020 dibagi kedalam 61 kelompok, dan satu diantaranya ditugaskan untuk mengembangkan potensi di Desa Babakanjati, KKN Kelompok 29 Uniku.

Setelah melakukan riset dan melihat potensi yang ada di Desa Babakanjati, Kecamatan Cigandamekar, kelompok 29 yang dimotori oleh Rizky Padilah ini kemudian memilih olahan ubi 'Gemblong' sebagai produk wirausaha/UMKM yang akan diangkat.

Rizky yang merupakan ketua dari rombongan KKN 29 Uniku menyebutkan, gemblong sendiri merupakan camilan dari ubi jalar dan kebetulan telah diproduksi oleh masyarakat Desa Babakanjati, tepatnya oleh Bapak Kirman di RT 03 RW 02 Dusun 2, Desa Babakanjati.

"Bahan baku dalam pembuatan produk gemblong ini didapat dari hasil panen warga Desa Babakanjati. Maka dengan diolahnya kembali ubi tersebut, pemanfaatan potensi Desa pun akan lebih dulu dimanfaatkan oleh warga Desa Babakanjati sebelum dimanfaatkan oleh masyarakat luar, dan itu nantinya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat" ujarnya.

Sebagai salah satu bentuk inovasi pengembangan produk, Kelompok 29 KKN Uniku ini konsen pada pembenahan brand dengan mengupgrade kemasan, juga dalam inovasi rasa. Memadukan rasa ubi dengan rasa pedas, aroma daun jeruk, dan rasa jeletot yang tentunya akan menciptakan sensasi kenikmatan tersendiri.

"Mengingat kaum milenial sekarang ini menggandrungi cita rasa pedas, selain rasa original, balado, dan jangung yang telah lebih dulu ditawarkan tentunya" ungkapnya.

Adapun pemasaran Gemblong ubi dengan berbagai cita rasa ini, lanjut Rizky dapat dilakukan secara luring (luar jaringan) dan/atau daring (dalam jaringan).

"Untuk luring kita tawarkan ke lokasi terdekat, sedangkan untuk daring bisa melalui media sosial di :

IG : kkn29_babakanjati

FB : kkn babakanjati" imbuhnya

Sementara itu produk unggulan dari Desa Babakanjati ini sendiri dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni 8k/100gr. Selain pemesanan via sosial media, produk ini juga dapat ditemukan di market place shopee, Gemblongboled29.

(Dede)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close