Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Selanjutnya, Rapid Test Kramatmulya dan Cilimus

For mania mega:



www.megaswarakuningan.com

Sebelumnya telah dilakukan rapid test di lima pasar di wilayah Kuningan Kota, dan Kuningan Timur. Tepatnya di Pasar Kepuh, Pasar Baru, dan Pasar Siliwangi; serta di Pasar Luragung, dan Pasar Cibingbin.

Dari kelima pasar tersebut, 300 orang yang berhasil dites (seluruh orang yang dites) dinyatakan aman, atau negatif  Covid-19.

Setelah wilayah Kuningan Kota dan Timur, maka sesuai dengan agenda, hari ini Kamis (4/6/2020) Dinas Kesehatan Kuningan bersama Gugus Tugas Covid-19 melanjutkan rapid test di wilayah Kuningan Utara, di Pasar Kramatmulya dan Pasar Cilimus.

Kasi Surveilans Dinkes Kuningan, Yayat Hidayat menerangkan bahwa sebagaimana di lima tempat sebelumnya, pelaksanaan tes akan dilaksanakan secara acak, atau random. Hal ini dilakukan agar pemetaan dan penarikan simpulan bisa dilakukan secara objektif.

“Target utamanya, mereka yang selalu beraktifitas di lokasi, yang setiap hari ada di lokasi, dan seperti tes sebelumnya nanti kita akan berkoordinasi dengan kepala pasar setempat” ungkap Yayat, di kantor Dinkes Kuningan, Rabu (3/6/2020).

Pada tes sebelumnya, Selasa (2/6/2020) telah di ambil sampling sebanyak 100 orang, masing-masing 50 sampling dari Pasar Luragung dan Pasar Cibingbin. Jumlah ini pun kemungkinan sama akan ditetapkan di Pasar Kramatmulya dan Pasar Cilimus, dengan perkiraan jumlah sampling sebanyak 30-50 orang per-tempat, menyesuaikan dengan situasi ramainya lokasi. 

Mengenai penjadwalan rapid test, Yayat juga menyebutkan setelah pelaksanaan di Pasar Kramatmulya dan Cilimus, agenda rapid test selanjutya adalah di Pasar Darma, dan Pasar Ciawigebang.

Sebagaimana diketahui rapid test merupakan metode skrining awal untuk mendetksi antibodi di dalam tubuh. Sederhananya rapid test disini berfungsi sebagai pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosis infeksi Covid-19. 

Tes yang dapat memastikan seseorang positif terinfeksi Covid-19 sejauh ini hanyalah melalui pemeriksaan tes swab tenggorokan.

Pada dasarnya hasil rapid test akan segera keluar tak lama setelah tes dilakukan, sedangkan hasil swab memerlukan uji lab terlebih dahulu, dan rata-rata memerlukan waktu paling cepat 2x24 jam.


( Reporter Dede )

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close