Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Mulai Hari Ini, Kemendikbud Melalui TVRI Siarkan Program ‘Belajar Dari Rumah’

For mania mega:

megaswarakuningan.com

Hari ini 12/04/2020 Kemendikbud resmi menyiarkan program “belajar dari rumah”, di stasiun TVRI nasional. Program ini direncanakan akan berlangsung selama 3 bulan, selama pandemi COVID-19, dengan waktu penayangan dari jam 8 pagi sampai 11 malam.

Program ini diperuntukan bagi pelajar di semua jenjang. Mulai dari PAUD sampai dengan jenjang SLTA. Selain program pembelajaran sekolah, dalam program “belajar dari rumah” ini akan disajikan pula program yang bermuatan budaya, parenting, dan pengetahuan-pengetahuan secara umum.

Menteri kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan bahwa ia terus berupaya dalam mengadakan pembelajaran di situasi sulit seperti ini. Beliau sudah banyak bekerjasama dengan platform-platform pembelajaran lembaga swasta. Namun ternyata upaya tersebut masihlah kurang efektif, dikarenakan banyak dari masyarakat Indonesia masih menemui kendala baik itu dalam hal jaringan internet maupun dalam penggunaan media teknologi informasi.

“Kemendikbud ingin memastikan bahwa dalam masa yang sulit ini ada berbagai macam cara untuk mendapatkan pembelajaran dari rumah dan salah satunya adalah melalui media TV makanya kita meluncurkan program ini” jelas Mendikbud, dilansir dari kemendikbud.go.id, Kamis (09/04/2020).

Jadi diharapkan, lanjut Mendikbud bagi masyarakat di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) yang mempunyai keterbatasan ekonomi dan akses internet. Melalui adanya 1 channel gratis TVRI ini dapat mempermudah siswa dan orang tua dalam menciptakan proses pembelajaran di rumah.

Mendikbud mengungkapkan bahwa pembelajaran yang disajikan dalam program ‘belajar dari rumah’ akan berfokus pada peningkatan literasi, numerasi, dan penumbuhan karakter peserta didik.

“Kemendikbud juga akan melakukan monitoring dan evaluasi secara bertahap bersama dengan lembaga non pemerintah yang independen untuk mengkaji apakah program ini benar-benar berguna, dan kalau tidak sesuai dengan yang diharapkan maka akan kita perbaharui dan proses ini akan berjalan secara dinamis” ungkap Mendikbud.

Mengenai jadwal siar, Jenderal Direktorat Kebudayaan, Hilmar Farid lebih rinci menjelaskan bahwa program belajar di rumah yang berfokus pada kebutuhan pelajar akan disiarkan tiap hari Senin sampai dengan Jumat, dengan durasi 3 jam per hari untuk setiap tayangannya.

"Jadi, masing-masing ada setengah jam. Setengah jam untuk PAUD, setengah jam untuk kelas 1-3 SD, setengah jam untuk kelas 4-6 SD, serta setengah jam masing-masing untuk SMP, SMA" jelas Hilmar.

Sedangkan untuk hari sabtu dan minggu lanjut Hilmar, terdapat program-program tambahan. Antara lain seperti program tentang kebudayaan, talkshow (gelar wicara), podcast, program kesenian, dan magazine yang menyajikan perkembangan informasi dari seluruh Indonesia. Lalu di malam harinya akan ada pemutaran film nasional dengan berbagai genre, mulai dari film anak, drama, sampai dengan film dokumenter.



(Dede)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close