Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Sekolah Diliburkan, Program Belajar Di Radio Se Kuningan Jadi Alternatif Pengganti Kelas

For mania mega:


megaswarakuningan.com

Mulai Senin (17/03/2020) sampai dengan 29 Maret nanti, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kabupaten Kuningan resmi dialihkan dan dilaksanakan di rumah masing-masing. Mengenai hal tersebut, pemerintah Kabupaten Kuningan segera memberikan alternatif pembelajaran bagi siswayang dapat diakses dalam program TEGAR RIO.


Apa itu TEGAR RIO? TEGAR RIO merupakan akronim dari ‘Tetap Belajar dengan Guru, di Radio’. Sebuah program darikebijakan pemda Kabupaten Kuningan yang menyajikan pembelajaran bersama guru dan disiarkan secara live di radio.

Program TEGAR RIO disajikan dari jenjang Paud s.d jenjang SLTA, dengan menghadirkan guru-guru kompeten sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Setiap pembelajaranyang dilaksanakan akan meliputi pada pembahasan materi, latihan, pembahasan tips dan trik yang disajikan dengan konsep bimbel dan pastinya menyenangkan.

Rencananya program ini akan disiarkan selama rentang waktu yang dijelaskan dalam kebijakan pemerintah Republik Indonesia tentang ‘belajar dan bekerja di rumah’ guna menghadapi wabah endemi corona, yaitu sekitar 2 pekan.

Program TEGAR RIO disiarkan oleh 6 stasiun radio Kuningan. Diantaranya Kuningan FM (sebagai key station), Megaswara Kuningan FM, KOS FM, Rasuci FM, Rasilima FM, dan Tazkia FM. Program ini disiarkan mulai pukul 06.00 s.d pukul 20.00. Dimulai dengan pembelajaran jenjang Paud, Tk, SD, SLTP, kemudian jenjang SLTA.

Program ini dilaksanakan demi tetap menjalankan amanat konstitusi. Seperti yang disampaikan Koordinator pelaksana, Pandu Hamzah mengatakan bahwa TEGAR RIO merupakan terobosan dari Pemda Kabupaten Kuningan untuk tetap menjalankan penyelenggaraan pendidikan dengan tetap mengutamakan perlindungan bagi warga Kuningan.

“Ini sebuah terobosan dari pemerintah daerah kabupaten Kuningan, dalam hal ini Pak Bupati, untuk tetap bisa menjalankan amanat konstitusi yaitu menyelenggarakan pendidikan ditengah pelaksanaan amanat konstitusi lain yaitu melindungi warganya” Jelas Pandu ketika dimintai keterangannya di Kantor LPPL Kuningan (Kuningan FM).

Walau program TEGAR RIO baru dilaksanakan dan diluncurkan ke udara, terhitung mulai Selasa (17/03/2020) namun ternyata animo warga khususnya siswa dan guru di Kuningan cukup antusias.

Pandu kembali menjelaskan bahwa program TEGAR RIO ini didesain dengan konsep bimbel, dan pendengar dipersilakan untuk berdiskusi atau bertanya pada guru yang sedang menjelaskan pembelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga proses pembelajaran yang tepat guna.

“TEGAR RIO ini dilaksanakan dengan skema yang sederhana. Kita menghadirkan Guru sesuai kompetensinya untuk menjelaskan materi, kemudian siswa/pendengar dipersilakan mengambil modul pembelajaran di kantor LPPL, selanjutnya siswa menyimak, dan diperbolehkan bahkan dianjurkan bagi siswa untuk bertanya bila ada yang masih belum paham. Bisa melalui telepon atau pun bisa melaluiwhatsapp”.

Program dengan memanfaatkan jarigan Radio seperti ini dirasa akan lebih efektif, karena dapat menjangkau seluruh daerah di Kabupaten Kuningan dan dapat diakses dengan mudah, oleh siapapun dan dimanapun.

Selain itu penggunaan medium Radio juga dirasa akan lebih dapat menjaga fokus siswa dibandingkan dengan menggunakan medium telepon selulur.

“Untuk situasi darurat seperti sekarang, saya pikir program ini merupakan alternatif yang bisa dipertimbangkan oleh siapapun. Karena terkadang, jika lewat medium HP, jika tugasnya ada di HP, anak-anak itu malah akhirnya sering lari ke games dan sosmed. Sedangkan belajarnya? malah dilupakan” pungkasnya.

(Dede)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close