Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Perang Lawan Corona, Karang Taruna Desa Cengal Adakan Penyemprotan Disinfektan Masal

For mania mega:



megaswarakuningan.com


Sebagai upaya melawan penyebaran virus Corona (COVID-19) Pemerintah Desa Cengal beserta karang taruna, Minggu (29/03/2020) adakan penyemprotan disinfektan ke seluruh lingkungan desa. Berbagai lapisan masyarakat mulai dari aparatur desa hingga warga pun turut andil sebagairelawan pencegahan COVID-19.

Desa Cengal sendiri masuk kedalam wilayah Kecamatan Japara, dengan jumlah Rukun Tetangga (RT) sebanyak 31. Dengan daerah yang cukup luas tersebut pemerintah desa beserta karang taruna membentuk 31tim, untuk saling bekerja sama melakukan penyemprotan ke rumah-rumah warga,juga fasilitas umum seperti sekolah, dan rumah ibadah.

Tidak hanya penyemprotan, para relawan yang bertugas pun secara tak langsung ikut memberikan edukasi pada warga, tentang pentingnya mencegah wabah COVID-19 dengan tetap menjaga kesehatan diri dan menjaga kebersihan lingkungan.


Hal ini dipertegas oleh Ketua Karang Taruna Desa Cengal, Heri Juhari, S.Pd. Beliau menjelaskan bahwa pencegahan COVID-19 harus dilakukan secara bersama dan jika warga hanya mengandalkan kinerja petugas maka usaha pencegahan COVID-19 pundirasajadi kurang efektif.

“Penyemprotan ini dilaksanakan secara serentak. Tidak sebatas penyemprotan, kegiatan ini juga sebagai langkah alternatif pemberian edukasi langsung kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan wabah COVID-19. Sehingga kedepannya masyarakat pun diharapkan bisa proaktif mandiri ikut melakukan pencegahan secara berkala dirumahnya masing-masing”. Jelas Heri.

Heri kembali menjelaskan selain penyemprotan, ada beberapa agenda yang telah direncanakan dalam pencegahan wabah COVID-19. Salah saturencana yang berusaha diwujudkan Karang Taruna “Sapta Mandiri” (nama karang taruna Desa Cengal)adalah dengan membantu pendataan kesehatan warganya, lebih khusus kepada orang-orang yang telah pulang dari perantauan.


“Langkah selanjutnya yang akan dilakukan pengurus Karang Taruna “Sapta Mandiri”sesuai denganapa yang diinstruksikan pemerintah.Kita pengurus karang taruna akan membantu pendataan ODP terutama bagi para perantau yang baru datang ke desa Cengal. Semoga dengan cara ini akan lebih efektif dan akurat untuk pendataannya”. Jelas Heri ketika dimintai keterangan.

Menyikapi para perantau yang kapan pun bisa saja membeludak, Heri melanjutkan hal itu pun sedang terus dibicarakan dengan pemerintah desa, guna penentuan jalan terbaik agar tidak ada yang merasa dirugikan.

Heri juga mengucapkan banyak terima kasih pada semua relawan yang telah bersedia bertugas melakukanusaha-usaha pencegahan.

Melalui beberapa usaha pencegahan yang telah dan akan terus dilakukan, Ketua Karang Taruna “Sapta Mandiri” berharap semoga berbagai macam upaya tersebut bisa memutus rantai penyebaran COVID-19hingga warga Desa Cengal khususnya, bisa beraktifitas normal seperti biasa, dan umumnya bangsa Indonesia bisa terbebas dari wabah virus COVID-19 yang selalu menghantui semua orang.

“Diam dirumah lebih baik dan mohon bersabar karna lahiriannya manusia adalah berupaya,sedangkanAllah yang menghendaki semuanya.JikaAllah sudah berkehendak kun fayakunCengal bebas COVID-19 maka, jadilah”. Pungkasnya.

(Dede)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close