Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Karantina Wilayah Parsial Dimulai, Bupati Kuningan Himbau Desa Siap Jadi Desa Siaga Corona

For mania mega:


megaswarakuningan.com


Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. Senin (30/03/2020) menyampaikan beberapa rencana dan instruksi terkait penanganan COVID-19 di Gedung Crisis Center Linggajati Kuningan. Salah satu rencana dan instruksi yang disampaikan Bupati pada kesempatan tersebut adalah Karantina Wilayah Parsial (KWP) yang akan dimulai tepat hari ini (Selasa, 31/03/2020) di desa-desa.

Kebijakan KWP sendiri telah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Barat sebagai alternatif yang bisa diterapkan olehPemerintah Daerah se-Jabar. Sebagaimana telah diketahui KWP adalah karantina yang bisa dilakukan di wilayah RT/RW, Desa/Kelurahan, hingga wilayah Kecamatan. Oleh karena itu Bupati menjelaskan bahwa mulai hari ini setiap desa harus siap menjadi desa siaga Corona, dengan melibatkan komponen RT dan RW.

“Penetapan Karantina Wilayah Parsial akan dilakukan mulai besok (Selasa, 31/30/2020) di Desa. Oleh karena itu saya harap Desa-Desa untuk bisa siap menjadi Desa Siaga Corona. Harus juga melibatkan dan dibantu RW dan RT agar menciptakan RW dan RT yang Siaga Corona pula. Dan semua ini tentunya harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab” ujar Bupati.

Selain kebijakan KWP hari ini juga akan ditetapkan pula penutupan ruas-ruas jalan protokol. Untuk menghadapi dampak yang bisa saja terjadi dari penutupan jalan tersebut, Bupati menginstruksikan kepada para pedangan yang beraktifitas sepanjang jalan protokol untuk bisa menyiapkan diri berjualan dari jam 3 sore sampaidengan jam 8 malam saja.

“Kepada para pedagang di sekitar jalan-jalan protokol untuk bisa berjualan dari jam 3 sore sampai jam 8 malam, dan setelah itu segera tutup. Untuk itu saya himbau pula, kepada para pedagang makanan untuk berjualan tidak melayani pembeli di tempat. Barang jualan harus dibungkus, dan dikemas dalam kemasan yang baik untuk bisa segara dibawa ke rumah”

Pada kesempatan itu pula Bupati menyampaikan agar para perantau yang baru datang ke Kuningan untuk segera memeriksakan kesehatannya. Jangan panik tetap tenang. Dan bagi para warga Kuningan umumnya jika kondisi kesehatan dirasa sedang tidak baik atau bahkan menunjukan gejala Flu dan Batuk agar segera memeriksakan diri ke puskesmas tedekat, guna upaya-upaya awal pengobatan bisa segera dilakukan.

“Saya himbau kepada para warga Kuningan yang merasa kondisi kesehatannya sedang tidak baik untuk segera memeriksakan diri. Terlebih mulai hari ini saya telah menetapkan puskesmas di Kabupaten Kuningan untuk siap siaga 24 jam”. Pungkas Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH.

( DEDE )

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close