Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Cegah Virus Corona Dengan Germas

For mania mega:


megaswarakuningan.com 
Virus Corona, atau COVID-19 di awal bulan Maret positif mulai menyebar di Indonesia. Dua orang WNI asal Depok diketahui terinveksi virus yang berasal dari Wuhan China. Dengan waktu yang berdekatan, pemerintah mempublikasikan perkembangan dan jumlah penyebaran virus, dan ditiap publikasinya selalu saja mengalami peningkatan jumlah. Pada Senin (09/03/2020) Pemerintah melalui Jubir untuk COVID-19mengumumkan bahwa pasien positif Corona bertambah sebanyak 17 orang, dan kini pertanggal 9/3 jumlah orang dengan positif Corona di Indonesia totalnya berjumlah19 orang.

COVID-19 telah menjadi wabah dunia. Setidaknya lebih dari 50 negara dilaporkan terkena wabah virus ini. Luasnya penyebaran virus Corona, karena virus dengan nama resmiCOVID-19 ini menyebar melalui batuk atau bersin, oleh karenanyavirus ini dapat dikategorikan sebagai virus yang mudah menyebar. Selain itu virus Corona ini punternyata belum ditemukan obatnya.

Namun menurut Diyah Handayani, Dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan (dilansir dari detik.com) mengatakan bahwa virus ini memiliki risiko kematian, namun angkanya masih rendah dibandingkan dengan orang yang terjangkit kemudian sembuh.

“Terbukti yang sakit sudah ribuan tetapi yang meninggal sedikit. Jadi dia tetap sebuah virus yang bisa disembuhkan” tuturnya.
Diah menjelaskan bahwa proses pengobatan yang dilakukan terhadap pasien terjangkit virus Corona adalah dengan terapi pendukung,yaitu dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh pasien.

Walau virus tersebut tetap bisa disembuhkan, bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati rasanya amat tepat di terapkan dalam situasi seperti ini. Hampir seluruh negara di dunia dan Indonesia secara khusus menekankan bahwa cara efektif mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan menerapkan budaya kebersihan dan menerapkan etika batuk/bersin.

Dalam situs resminya Kemenkes RI pun menggaungkan beberapa prosedur pencegahan virus Corona. Salah satu prosedur yang disusun pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan cara ‘Germas’ yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

1     Makan dengan Gizi yang Seimbang
Dalam memenuhi gizi yang seimbang setidaknya kita harus makan kelima kelompok pangan setiap harinya, yakni makanan pokok, lauk-pauk, sayur, buah, serta minuman. Ingat, tidak ada satupun makanan yang mengandung semua komponen gizi secara sempurna. Selain itu batasi makanan tinggi gula, garam, dan lemak. Makanan yang kaya gula, natrium (kebanyakan berasal dari garam), ataupun lemak umumnya berupa makanan cepat saji dan cemilan atau kue kekinian yang padat kalori.

       Rajin Olahraga dan Istirahat Cukup
Olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh tidaklah harus olahraga berat. Latihan kekuatan otot dan latihan peregangan dapat menjadi salah satu cara untuk terus menjaga kebugaran tubuh.Latihan kekuatan otot dapatdilakukan melaluiolah raga push up, pull up, dan olaharaga angkat beban ringan. Sedangkan peregangan bisa berupa Yoga, pilates, dan peregangan dinamis sederhana. Selain olahraga kita juga tidak boleh melupakan akan pentingnya istirahat dan tidur cukup. Prinsipsleep hygiene atau tidur nyenyak dan cukup selama 7-8 jam setiap malam dapat membantu menjaga tubuh agar tetap bugar ketika bangun di pagi harinya.

3      Jaga Kebersihan Lingkungan
Dalam menjaga kebersihan lingkungan setidaknya dapat dilakukan beberapa hal sederhana, diantaranya seperti membuang sampah pada tempatnya, jika telah menggunakan tisu/masker segera buang ke tempat sampah, dan usahakan sapu serta pel rumah setiap hari.

4      Tidak Merokok
Virus Corona umumnya menyebar dan masuk melalui sistem pernapasan. Gejala awal yang terlihat pada orang yang terpapar virus ini pun nampak seperti gejala orang dengan penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan) dengan indikasi adanya batuk, bersin, dan demam. Dengan menjaga saluran pernapasan agar tetap sehat, salah satunya dengan tidak merokok, maka penyebaran virus pun dirasa akan lebih bisa diminimalisir.

        Cuci Tangan Pakai Sabun
Selain penularan melalui kontak langsung, melalui batuk/bersin yang kemudian masuk kesaluran pernapasan. Virus yang keluar bersama batuk/bersin ini pun bisa menular  secara tak langsung. Penderita virus Corona yang batuk/bersin dengan tidak menutup mulut kemungkinan besar partikel virus tersebut akan jatuh dan menempel di benda apapun disekitarnya, seperti meja, gagang pintu, lantai, dll. Oleh karena itu anjuran agar mencuci tangan dengan sabun setelah berkegiatan di luar rumah sangat dianjurkan.

        Minum Air Mineral
Air merupakan kebutuhan penting bagi tubuh, karena sekitar 60% dari berat badan manusia adalah cairan. Maka tak heran apabila setiap sistem di dalam tubuh memerlukan air untuk menjalankan fungsinya, termasuk dalam menjaga metabolisme.

Jika dihadapkan pada pertanyaan, berapakah jumlah air yang harus diminum setiap harinya? Maka penjelasannya harus dimulai dari berapa banyakkah cairan yang keluar dari tubuh. Pada umumnya air yang keluar dari dalam tubuh melalui urin sekitar 6 cup perhari. Jadi diperkirakan kebutuhan air pada manusia setiap harinyaitu sekitar 2 liter. Takaran sederhananya adalah dengan 8 gelas air, dikonsumsi secara berkala (tidak sekaligus).


        Makan Makanan yang Dimasak Sempurna
Hindarilah mengonsumsi makanan mentah atau dalam keadaan setengah matang. Makanan atau dalam hal ini adalah olahan dengan kadar protein tinggi seperti daging dan telur yang tidak matang sempurna akan rentan terpapar berbagai macam bakteri.

Dengan memasak terlebih dahulu makanan yang akan dikonsumsi maka kita akan memperkecil masuknyabakteri-bakteri/virus yang terkandung didalamnya. Karena dengan memasak olahan makanan,dapat membunuh bakteri dan juga dapat menambah kelezatan makanan yang hendak di konsumsi.

        Gunakan Masker/Tutup Mulut Bila Batuk
Penggunaan masker dalam upaya pencegahan virus Corona di Indonesia, nampaknya salah kaprah. Menurut lembaga kesehatan dunia, WHO, dan Kemenkes RI, bahwa penggunaan masker itu diperuntukan bagi penderita/pasien atau orang yang sudah positif tertular virus Corona. Dengan penggunaan masker atau dengan menutup mulut ketika batuk/bersin maka akan membatasi penyebaran virus. Lebih lanjut lagi, masker digunakan bagi petugas kesehatan yang menangani langsung virus Corona.

Sebagai langkah pencegahan bagi orang-orang yang masih sehat, cukup dengan menjaga kebersihan, rutin mencuci tangan, dan kurangi mengusap atau menyentuh wajah (khususnya bagian mulut dan hidung) dengan menggunakan telapak tangan.

        Bila Demam dan Sesak Nafas Segera ke Fasilitas Kesehatan
Sebagai salah satu indikasi penyakit FLU atau pun penyakit ISPA, demam dan sesak nafas juga menjadi salah satu gejala yang diderita oleh orang-orang yang terpapar virus Corona. Oleh karena kesigapan kita dalam pemeriksaan kesehatan, akan menjadi faktor yang menentukan cepat atau tidaknya virus tersebut ditindaklanjuti/diatasi sebelum hal tersebut berkembang dan menjadi hal yang lebih parah.

      Jangan Lupa Berdoa
Selain ke sembilan langkah diatas, sebagai penyempurna langkah dalam pencegahan virus Corona adalah dengan memperbanyak doa, dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas izin-Nya lah semua dapat ada dan terjadi, tidak terkecuali sehat itu sendiri.

(Dede)

Baca Juga

Post a Comment

3 Comments

  1. Melihat kasus positif Corona di Indonesia semakin bertambah, maka pencegahan harus dilakukan dengan cara pola hidup sehat..

    Thanks artikelnya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

close
close
close