Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Sejumlah Warga Antusias Menyaksikan Pergelaran Sapton

For mania mega:

Dok : humas.kuningankab.go.id
Megaswara Kuningan - SEJUMLAH warga Kabupaten Kuningan antusias menyaksikan pergelaran Sapton di Open Space Galeri (OSG) Desa Kertawangunan, Kecamatan Sindangagung, Minggu, (1/9/2019). Sapoton yaitu adu ketangkasan berkuda yang mempunyai ciri khas digelar setiap memperingati hari jadi Kuningan.
Bupati Acep bersyukur karena masyarakat Kabupaten Kuningan antusias menyaksikan adu ketangkasan berkuda itu. Ini salah satu kecintaan  masyarakat terhadap tradisi daerah masih tinggi.
“Alhamdulillah kegiatan Saptonan dan kegiatan lain selalu berkembang sesuai dengan inovasinya. Namun tetap tidak meninggalkan nilai-nilai tradisinya, termasuk panahan tradisional,” kata Bupati Kuningan, H. Acep Purnama.
Menurutnya, Saptonan ini sebuah tradisi  yang dilakukan masyarakat terdahulu, dimana kuda adalah simbol sebuah semangat dalam bekerja.
Ia  mengingatkan masyarakat untuk tidak meninggalkan nilai-nilai. Sapton menggambarkan   kehidupan jaman dulu di Kuningan pada nasa  kademangan-kademangan, raja-raja kecil, dan lain sebagainya dimana mereka berbuat untuk kesejahteraan masyarakatnya.
“Makanya ada sebutan kecil-kecil kuda Kuningan, walaupun kecil tapi semangatnya besar, tenaganya kuat, keseriusan dalam mewujudkan cita-cita,” terangnya.
( Sumber : humas.kuningankab.go.id/ Hadi/Pubdok )

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close