Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Makna Memperingati Hari Jadi Kuningan

For mania mega:

Dok : humas.kuningankab.go.id
Makna Memperingati Hari Jadi Kuningan BUPATI Kuningan H. Acep Purnama, SH., mengatakan dalam memperingati ke-521 Hari Jadi Kuningan 1 September 2019 ini terasa istimewa, karena bertepatan dengan tahun Islam 1 Muharam 1441 H. Selain itu masih dalam suasana memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. “Ke-tiga momentu besar itu harus dimaknai sebagai sebuah kebangkitan untuk melangkah dari satu titik ke titik yang lain menuju ke arah yang lebih baik lagi,”kata Bupati Acep Purnama, dalam sambutan pada Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati ke-521 Hari Jadi Kuningan.
Pada rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Rana Suparman, S.Sos., Bupati Acep mempertegas untuk memaknai satu prosesi sejarah daerah yang kini bernama Kabupaten Kuningfan. Memperingati hari jadi Kuningan mempunyai memiliki makna sangat penting bagi masyarakat Kabupaten Kuningan untuk memantapkan jati diri sebagai landasan yang bergerak dan memantapkan langkah kedepan lebih baik.
“Peristiwa bersejarah ini patut kita peringati sebagai refleksi terwujudnya idealaisme, terwujudnya harapan-harapan, keselamatan, kesuksesanbs serta perjuangan tanpa henti guna meningkatkan kesejahteraan seluruh warga Kabupaten Kuningan,” kata Bupati Acep Purnama.
Bupati Acep mengutip pesan sunda yaitu “Hana Nguni Hana Mangke, Tan Hana Nguni Tan Hana Mangke Aya Ma Baheula Aya Nu Ayeuna, Hanteu Ma Baheula Hanteu Tu Ayeuna Hana Tunggak Hana Watang, Tan Hana Tunggak Tan Hana Watang, Hana Ma Tunggulna Aya Tu Catangna, Hana Guna Hana Ring Demakan, Tan Hana Guna Tan Hana Ring Demekan.
Pesan itu mengandung arti bahwa ada dahulu ada sekarang, bila tidak ada dahulu tidak ada sekarang, karena ada masa silam maka ada masa kini, bila tidak ada masa silam tidak akan ada masa kini, ada tonggak tentu ada batang, bila tidak ada tonggak tidak aka nada batang, bila ada tunggulnya tentu ada catangnya.
Rapat Paripurna Dalam Rangka Memperingati ke-521 Kuningan dihadir oleh beberapa tokoh diantaranya Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia Jaja Ahmad Jayus, SH., MH pituin Kuninga, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Jawa Barat Dr. H. Dani Ramdan. MT, Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kuningan, Anggota DPRD Kabupaten Kuningan, Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala Bagian Lingkup Setda serta seluruh tamu undangan lainnya. 
(Sumber : humas.kuningankab.go.id/Dimas )

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close